Bagaimana Rasanya Memegang Begitu Banyak Kekuatan Hanya Dalam Genggaman Tangan?

Wah, ASUS ngerilis smartphone gaming lagi. Kali ini mereka menamainya dengan ROG Phone 3 sukseor kakaknya, ROG Phone 2. Sektor yang diperbarui kini lebih tangguh untuk menyempurnakan pengalaman bermain. Prosesor yang lebih powerful, konektivitas 5G yang berpotensial menjadi gamechanger, hingga refresh rate layar yang semakin smooth. Apakah terlalu dini untuk menyebut ROG Phone 3 sebagai Gaming Phone terbaik saat ini?

ASUS dari dulu sudah menunjukkan dominasinya di pangsa pasar PC Gaming. Secara konsisten merilis banyak sekali varian produk, seperti gaming peripheral, AIO Gaming PC, hingga lini gaming laptopnya yang selalu jadi pilihan utama. Nama besar Republic of Gamers sudah jadi jaminan bahwa produk ASUS terpercaya dikalangan para komunitas gamers.

Ketika ASUS memutuskan untuk melebarkan sayap mereka ke pangsa pasar mobile gaming, penggemarnya menyambut dengan positif. 18 October 2018, ROG Phone generasi pertama dirilis oleh ASUS. Kritikus, reviewer, dan termasuk saya memuji langkah berani oleh ASUS yang merilis ponsel gaming belasan juta demi menegaskan dominasi mereka di sektor gaming, setelah sebelumnya sukses di platform PC, hingga kini ke mobile gaming devices.

Padahal dulu saya masih skeptis. Mengapa ASUS begitu berani merilis ponsel gaming berlabel RoG, seolah dominasi mereka di pangsa PC Gaming serasa belum cukup. Seri-seri seperti Strix, TUF, Zephyrus, lineup ZenBook, VivoBook, hingga RoG Mothership sudah seharusnya buat mereka tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya sebagai vendor paling senior dalam urusan gaming. Lantas mengapa merilis RoG dalam versi mobile devices?

BE AN ULTIMATE WINNER WITH ASUS ROG PHONE 3

Jawabannya simpel. Karena ASUS menginginkan ZenFans-nya menjadi seorang pemenang sejati. The Real Ultimate Winner. Sekarang saya tanya nih. Pernah ga sih kamu merasa memiliki kekuatan tanpa batas, alat dengan kemampuan pemrosesan data tercepat, koneksi sambungan data 5G terbaik, hingga kamu merasa mampu melakukan hal apa saja yang tidak pernah terpikirkan oleh umat manusia………..

……….hanya dengan sebuah ponsel ditanganmu?

in search of incredible. Manusia seperti kita tidak akan pernah puas untuk berinovasi. ROG Phone adalah bagian dari proyek dan inovasi terbesar manusia dalam sektor gaming devices, Artificial Intelligence, Virtual Reality, hingga Augmented Reality. Jadi, mengapa kita tidak sudahi sesi obrolan futuristik ini dan langsung membahas bagaimana ASUS ROG Phone 3 dapat membawa kamu mencapai impian menjadi The Real Ultimate Winner sekarang, dan di masa depan.

ASUS ROG PHONE 3 : FIVE POINTS OF GREATNESS

  • Ditenagai Qualcomm Snapdragon 865+ 5G “Kecepatan Tiada Tertandingi
  • With 144hz Screen Refresh Rate “Jangan Lengah, Tetap Fokus
  • Dengan Baterai Monster 6000mAh “Bermain Sepuasnya Tanpa Khawatir
  • Built for Gamers “Kamu Dilahirkan Untuk Menguasai Kekuatan Setangguh Ini
  • The Most Immersive Gaming Experience. “You Just Live Once, Make it Count

ASUS ROG Phone 3 – Kecepatan Tiada Tertandingi

Kecepatan koneksi 5G hingga 7.5 Gbps, prosesor Octa-Core berkecepatan hingga 3.1 GHz, kecepatan WiFi 6 hingga 3.6 Gbps, kecanggihan rendering gambar oleh Adreno 650 yang mampu menangani aktivitas VR 360* hingga kualitas 8K. Bayangkan apa yang kamu bisa lakukan dengan kekuatan se-powerful itu, hanya dalam satu chip prosesor bernama Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang terbaik saat ini, hingga dijuluki Elite Gaming Processor.

Qualcomm Snapdragon 865+. Performa lebih cepat, gameplay lebih memukau, konektivitas 5G masa depan, serta fitur eksklusif Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™ menjadikan ROG Phone 3 tidak tertandingi.

Dengan prosesor sekencang itu, maka kamu perlu meningkatkan level keseharianmu. Dari yang tadinya menonton Youtube dengan kualitas 720p, ini saatnya kamu menikmati sajian tayangan dengan kualitas 1440p, bahkan lebih baik lagi tanpa ada kendala sama sekali. Yang tadinya hanya bermain Among Us atau Sudoku, sekali-sekali kamu harus rasakan serunya bermain Genshin Impact dengan grafisnya yang menakjubkan, Player Unknown’s Battlegrounds yang menyajikan sensasi bertahan hidup ala-ala The Hunger Gamers, hingga bermain game dengan grafis high resolution lainnya.

Untuk mendukung kinerja prosesor dan grafisnya, ROG Phone dibekali RAM 8GB untuk varian internal 128GB, dan RAM 12GB untuk varian internal 256GB. Semakin cepat karena tipe RAM yang digunakan adalah varian terbaru LPDDR5, sedangkan untuk penyimpanan internal menggunakan varian UFS 3.1 ROM yang lebih responsif dan cepat.

Ayo dong, punya ponsel gaming dengan prosesor dan GPU sebagus ini, harus dikeluarkan potensi terbaiknya. ROG Phone 3 ini ibarat singa dalam kandang. If you never get that power out, you will never know.

Selain itu, banyak banget hal yang bisa kamu lakukan dengan prosesor sekencang itu.

Selamat TinggalSelamat Datang
Streaming Youtube lemot dan bufferingStreaming Video hingga kualitas terbaik 8K
Ngeluh jaringan seluler lemot dan lambatDengan 5G, semua terjadi hampir dalam kedipan mata
Lag gaming dan ping naik turun goyang dribelKoneksi stabil dan lancar hingga 7.5Gbps
Ngeluh grafis patah-patah dan ngefreezeGrafis semakin smooth, kualitas terbaik, dengan refresh rate 144hz dan response time hingga 1ms
Ngeluh ngecharge baterai lama bangetDengan Qualcomm® Quick Charge™ 4+, jangan biarkan baterai habis mengganggu jam bermainmu.
Kameranya kok jelek banget hasilnya, buram.Kualitas gambar 64MP dengan AI Qualcomm Spectra™ 480, HDR10+, Slow Motion hingga 960 fps
Ngeluh multitasking kok lemot dan lambat bangetudah deh saya kehabisan kata-kata, pokoknya bagus.

Snapdragon 865+ mungkin salah satu SoC dengan kecepatan nyaris sempurna yang pernah diciptakan manusia. Perfect for gaming, your Virtual Reality hobbies, Artificial Intelligence, and even take Augmented Reality to the very next level. That 5G Technology will change human life forever. This is the peak of Gaming Smartphone.


ASUS ROG Phone 3 – Setiap Momen Berharga Untuk Dilihat

ROG Phone 3 dibekali panel layar AMOLED dengan refresh rate 144Hz dengan delay respon yang sangat singkat. Semakin responsif karena ditambah teknologi Touch-Sampling Rate hingga 270Hz yang memang dirancang untuk penggila gamers sejati. Mata kamu bakal selalu dimanjakan dengan grafis memukau oleh panel layar FHD+ dengan rasio layar 19.5:9 dan punya kerapatan piksel 391ppi. Setiap grafis disajikan dengan sangat detail, warna yang memukau, dan kejernihan yang luar biasa. Ukuran layarnya juga cukup luas hingga 6’59 inch dengan sertifikasi TÜV Rheinland agar grafisnya tetap memukau tapi tetap aman untuk penglihatan kita.

Panel layar seperti ini adalah teknologi yang paling mutakhir saat ini, karena menggabungkan esensi sentuhan yang cukup berpengaruh dengan lancarnya permainan. Katakan selamat tinggal untuk selamatnya buat kasus Ghost Touch, dimana panel layarnya yang kadang bergerak sendiri, seolah-olah disentuh oleh hantu. Ga ada delay, ga ada satu momen pun didalam permainan yang bakal terlewatkan.

Kenapa harus responsif? Gamers tau sendiri. Berkat response time pada panel layar yang begitu cekatan, kamu selalu menjadi yang terdepan dalam menjalankan aksimu. Membuat kamu tetap fokus, aware dengan situasi sekelilingmu, hingga akhirnya berhasil memenangkan permainan. Winner Winner Chicken Dinner!

ResolusiFHD+ 2340 x 1080 pixels, Ratio 19.5:9 dengn kerapatan layar 391 ppi, HDR10+
Proteksi LayarCorning Gorilla Glass 6
Refresh Rate144Hz Refresh Rate, 270Hz touch-sampling rate
Akurasi WarnaDelta-E < 1 dengan akurasi dan kalibrasi warna terbaik
Sertifikasi LayarTÜV Rheinland dengan sertifikasi Low Blue Light and Flicker yang lebih rendah
https://www.asus.com/id/Phone/ROG-Phone-3/

ASUS ROG PHONE 3 – GAMING SEPANJANG HARI TANPA BATAS

Dimana ada gula disitu ada semut. Dimana ada ponsel gaming, ga lengkap rasanya jika tidak disertai dengan kapasitas baterai yang mencukupi. ROG Phone 3 datang ke pelukan gamers dengan dilengkapi baterai Li-Polymer berkapasitas 6000mAh, 2000mAh lebih besar dari kakak pertamanya, ROG Phone.

Baterai termasuk sektor yang cukup krusial untuk sebuah ponsel khusus gaming, karena bisa memberikan ketahanan baterai yang luar biasa sekaligus pengalaman bermain tanpa khawatir daya habis. Tidak tanggung-tanggung, ROG Phone bisa memberikan Screen on Time hingga 9 jam lebih dengan kapasitas baterai yang masih tersisa sedikit.

Tidak hanya di kapasitas baterainya yang monster, ROG Phone juga dilengkapi dengan teknologi Fast charging 30 Watt, Power Delivery versi 3.0, Qualcomm Quick Charge 4.0, bahkan Reverse charging 10 Watt yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain. Dengan beberapa uji pengetesan, performa dari Fast Charging-nya begitu baik walaupun kapasitas baterainya yang super besar. Mampu mengisi daya 51% hanya dalam 30 menit, 87% hanya dalam waktu satu jam, dan 107 menit untuk mencapai kapasitas penuh.

Keunggulan dari sisi daya dari ROG Phone 3

CapacityLi-Polymer Battery with 6000mAh
ChargingFast charging 30W, Power Delivery 3.0 Quick Charge 4.0, 3.0, Reverse charging 10W
Battery SaverPower-saving Technology, 2x increased lifespan, 67% power saving
Battery Life9h 22m Screen on Time with 5% battery left
Estimated Charging Time51% in 30m, 87% in 60m, 100% in 107m
https://www.androidauthority.com/asus-rog-phone-3-review-1138779/

Push rank dan bermain competitive match sama-sekali tidak akan terhambat dengan proses charging yang begitu lama, hingga kamu kadang kehilangan the golden touch kamu. Daya ROG Phone 3 kamu habis? Cukup ditinggal ngecharge selama satu jam lebih, cabut kembali, Game On!.

Oh ya, ROG Phone 3 juga memiliki fitur optimalisasi baterai yang juga menjadi unggulan, karena kabarnya mampu menggandakan masa pakai baterai hingga 67%. Power Saving Technology namanya. Kamu bisa menghemat daya untuk pertarungan selanjutnya tanpa khawatir jauh dari suplai listrik. Play Smart Bro!

Setelah sempurna di bagian dapur pacu dan panel layar, ROG Phone juga 100% di sektor baterai. 6000mAh Li-Polymer yang disempurnakan dengan teknologi Fast Charging, mengisi daya penuh kurang dari dua jam. Kamu tidak akan khawatir ketinggalan pertarungan penting, kehilangan sentuhan ajaibmu hanya karena baterai habis. Dengan ROG Phone 3, saatnya kamu bermain tanpa khawatir.


ASUS ROG PHONE 3 – KAMU DICIPTAKAN UNTUK INI.

ROG Phone 3 benar-benar dirancang khusus dengan presisi, fitur spesifik, kecanggihan prosesor dan panel layar hanya untuk kepuasan gamers. Tidak ada yang lain. Tidak ada kebahagiaan yang lebih besar bagi ASUS ketika melihat ZenFans atau ROG-Gers nya mencapai level tertinggi dalam permainannya. Sektor yang krusial untuk gamers, ASUS benar-benar memahami keinginan penggunanya. Sekali lagi, itu berkat kiprah mereka bertahun-tahun menciptakan peripheral gaming terdepan hingga sekarang ini.

Mari kita bahas satu-persatu, tiap-tiap fitur spesifik yang benar-benar menjadikan ASUS ROG Phone 3 ini #BuiltForGamers

ROG Phone 3. Built for Gamers. Dirancang dengan presisi hanya untuk pengalaman gaming tak tertandingi. Serangkaian spesifikasi menakjubkan ditambah dengan fitur ekslusif dari ASUS begitu sempurna. Kalian para Gamers, kalian dilahirkan untuk menguasai kekuatan setangguh ini.


Sistem PendinginGameCool 3 dan AeroActive Cooler 3 memberikan pendinginan maksimal demi performa terbaik.
Optimasi Software PendukungROG Phone 3. X Mode, sebuah AI canggih untuk menyesuaikan performa sesuai kontrol penuh kamu, menangani keseluruhan kerja sistem dengan ahli.
Optimasi Audio dalam Mode GameGameFX bekerja sama dengan Dirac, menyajikan output audio menakjubkan melalui dua buah speaker stereo menghadap depan. Dengan fitur Game Mode terbaru, menyajikan algoritma audio yang cerdas dan unik. Skor 75 dari DXOMARK, menilai kualitas output audio dari ROG Phone 3 ini sangat berkualitas dan terdepan dibandingkan produk kompetitor.
Sensor Tambahan Pendukung GameAirTrigger 3, dan Ultrasonic Touch Sensor. Cara baru bermain game yang lebih intuitif, responsif, mampu mendeteksi kemiringan, tombol tepi perangkat yang memberikan kontrol penuh seperti bermain konsol.
Komunitas in-GameFitur komunitas bawaan dalam ROG Phone 3 kamu. Ajak lebih banyak teman untuk bergabung dalam aliansimu, dan tunjukkan kepada mereka siapa The Real Ultimate Winner!
KameraSistem tripel kamera dengan sensor Sony® IMX686 64 MP menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi. selfie grup, hingga video streaming langsung berkualitas tinggi.
KerjasamaASUS ROG Phone 3 bekerjasama dengan Stadia dan Unity, untuk menciptakan ekosistem gaming terintergrasi demi pengalaman gaming luar biasa untuk penggemar setianya.
www.asus.com/id/Phone/ROG-Phone-3/

ASUS ROG Phone 3 – The Most Immersive Gaming Experience

Spesifikasi yang tinggi dari ROG Phone 3 yang menjamin pengalaman gaming semakin menyenangkan, lagi-lagi terasa lebih sempurna karena ASUS menyediakan banyak sekali aksesoris pendukung yang bisa didapatkan secara terpisah, atau mungkin digabung dalam satu paket bundle eksklusif. Maaf saya tidak mendapat informasi apapun soal ini. Ternyata bundle-nya bisa bervariasi berdasarkan region negara. Indonesia bakal dapat ga ya?

Aksesori pelengkap untuk melengkapi pengalaman gaming bersama ROG Phone 3 semakin nyaman dan immersif. Inilah nantinya amunisi yang akan kamu bawa ke medan pertempuran, lebih unggul dari player lain, menguasai medan perang dengan lebih strategis, dan memenangkan game dengan kemenangan mudah.

Bermain seperti layaknya konsol, menawarkan kenyamanan dan kontrol penuh dengan ROG Phone 3 milikmu. Saatnya kuasai medan pertempuran!

ROG Lighting Armor CaseMelindungi ponsel dari goresan dan benturan, sekaligus memberikan pencahayaan Aura yang bisa dikustomisasi melalui aplikasi Armoury Crate
AeroActive Cooler 3Sangat efektif untuk mendinginkan perangkat hingga 4°C, tingkat kebisingan yang rendah, serta memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.
TwinView Dock 3Menawarkan sensasi bermain dengan dua layar, juga memiliki baterai 5000mah dan bahkan refresh rate yang sama dengan ROG Phone 3, yakni 144Hz. Game yang kompatibel dengan mode layar ganda bisa dilihat di aplikasi Armoury Crate.
ROG ClipPunya kontroller tambahan? Kini kontroller Xbox® dan Stadia bisa dipakai untuk ngegaming di ROG Phone 3, dengan desain yang ringkas dan kuncian yang stabil.
ROG Kunai 3 GamepadMenawarkan sensai bermain yang lebih baik dengan kontroller fisik, dengan desain kokoh namun fleksibel. Kamu bisa main game favoritmu dengan mode genggam, mode all-in-one, dan mode mobile. Seru banget bukan?
Aero CaseIni adalah case yang lebih simpel, tanpa efek pencahayaan Aura. Melindungi ponsel dari benturan dan goresan dengan ketahanan yang sama. Untuk kamu yang suka simpel.
Mobile Desktop DockKemampuan ekspansi yang belum pernah ada. Kamu bisa sambungkan monitor, mouse, perangkat audio, bahkan keyboard gaming kesayanganmu. Kini dengan ROG Phone 3 sudah bisa bermain game serasa bermain di PC High-end.
Glass Screen ProtectorWalaupun sudah diproteksi Gorilla Glass 6, ASUS tetap memberikan proteksi layar dari goresan serta teknologi Anti Bakteri untuk kenyamanan gamer.
Waist Pack dan Crossbody PackTas multifungsi untuk gamer yang gemar bepergian kemana saja, kini bisa digunakan untuk membawa perangkat gaming beserta aksesorinya dan bertempur dimana saja.
https://rog.asus.com/id/Phones/ROG-Phone-3-Model/

ASUS ROG PHONE 3 – UNLIMITED POWER, UNLIMITED GAMING, THE REAL ULTIMATE WINNER.

Prosesor yang sangat powerful, konektivitas 5G, spesifikasi yang sangat imersif, ditambah dengan optimalisasi software dan aksesori pendukung yang sangat lengkap, saya kira tidak alasan untuk tidak mencoba ROG Phone 3 ini sebagai senjata utama kemenangan kamu. Rasakan kekuatan sebesar ini hanya dalam genggaman tangan. Karena ini adalah ponsel gaming terbaik yang pernah ada. Republic of Gamers adalah jaminan kualitas dari ASUS. Ponsel ini mungkin adalah kreasi terbaik ASUS sejauh ini, dalam misi In Search of Incredible yang mereka usung. Saya beri nilai 10/10.

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Phone 3

Processor3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor
GPUQualcomm® Adreno™ 650
UIAndroid™ 10 with ROG UI
Display6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified; 270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency; 650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%; 1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio; Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass; TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort; Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)
Memory/StorageLPDDR5/UFS3.1 8GB/128GB 12GB/256GB
SD storageno SD-card reader; NTFS support for external HDD
SensorAccelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press
Main Rear Camera64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash
Second Rear Camera13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
Third Rear Camera5MP Macro, F2.0
Front Camera24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0, 27mm equivalent focal length in 35mm film camera
Video Recording8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera) 4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera) 1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps 3-axis electronic image stabilization for rear cameras Time Lapse (4K) Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps) Take still photo while recording video
SpeakerDual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound 7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio OutputHi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality GameFX audio system for improved in-game audio experience New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac
MicrophoneQuad microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Wireless TechnologyWLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6 2×2 MIMO, Bluetooth 5.1 Wi-Fi Direct support
NavigationGNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a), BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)
SIM CardsDual SIM dual standby Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card 5G+4G or 4G dual SIM dual standby support
Data rate  Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1) FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps 4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support
Bands  5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)
InterfaceSide-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge
NFCSupport (Card mode support in power off)
OSAndroid™ 10
Battery6.000mAh
ChargerOutput: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter
Dimensions171mm, 78mm, 9.85mm
Weight240 grams
PriceRp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage) Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)

Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

ROGPhone3ID #TheRealSultan dan #TheUltimateWinner

Default image
Pieter Mardi
Penulis, Mahasiswa, Tech Anthusiast. Ketua Umum FPI. Front Pelindung Introver. Semua tulisan dibuat dengan passion saya di bidang teknologi dan bahasa Inggris. Untuk sapa-sapa hubungi [email protected]

Berkomentar dapat melegakan pikiran. Cobalah!

error: Mohon maaf. tapi konten ini diproteksi!