Menemukan Laptop Ideal Untuk WFH & PJJ

Pandemi COVID-19 benar-benar membuat 2020 menjadi mimpi buruk bagi beberapa orang. Banyak yang kehilangan pekerjaan, apalagi jika pekerjaannya menjadi sumber pemasukan utama bagi diri sendiri maupun keluarga. Nah, ditambah lagi di awal pandemi, Indonesia memberlakukan PSBB di beberapa kota besar. Akibatnya beberapa jenis pekerjaan yang melibatkan keramaian dan tatap wajah langsung tidak dapat dilanjutkan.

Era baru itu bernama WFH & PJJ

Tapi ada beberapa pekerjaan yang beruntungnya bisa dilanjutkan dan tetap bertahan selama pandemi ini. Selamat datang di era baru WFH alias Work From Home untuk kaum pekerja, dan era Learn From Home, atau yang lebih akrab didengar dengan istilah PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) untuk kaum pelajar dan mahasiswa.

Konsepnya masih sama dengan pekerjaan dan belajar secara konvensional. WFH atau Work From Home adalah bekerja secara remote, memungkinkan karyawan tetap mengerjakan jobdesk-nya dari depan layar komputer tanpa harus bertemu tatap wajah dengan bos ataupun rekanan.

Begitu juga dengan belajar secara online, dimana siswa dan tenaga pengajar bisa berinteraksi langsung melalui perantara aplikasi seperti Zoom, Google Meet atau Microsoft Teams. Keduanya sangat bergantung dengan koneksi internet agar tetap saling terhubung, sekaligus bertahan di tengah pandemi seperti ini.

Menuju 2021, sepertinya WFH dan PJJ masih tetap berlanjut. Sempat terdengar kabar dari Kemendikbud kalau sekolah tatap wajah akan kembali dibuka dimulai dari Januari 2021. Tetapi muncul beberapa keraguan dari berbagai pihak, dan kabarnya akan dibatalkan lagi. Mereka berpendapat kebijakan ini sangat beresiko karena fisik anak-anak dan remaja masih rentan terpapar virus. So, kelihatannya WFH dan PJJ masih bakal eksis di 2021.

Sebenarnya WFH dan belajar daring itu seru, lho. Apalagi banyak provider telekomunikasi yang memberikan banyak promo kuota gratis khusus untuk aplikasi tertentu. Sangat bermanfaat untuk menghemat kuota dan meringankan beban pengeluaran siswa ataupun pekerja untuk membeli paket internet. Tetapi, selalu ada celah kelemahan ataupun kendala yang banyak dialami pelajar maupun pekerja online sepanjang fase karantina di 2020.

Kendala para pegiat WFH dan PJJ selama 2020

  1. Tidak semua daerah Indonesia khususnya daerah pelosok dijangkau akses Internet yang memadai
  2. Fitur Aplikasi E-Learning (mis. Zoom) gratisan yang memiliki fitur terbatas. Padahal paling banyak digunakan untuk keperluan WFH dan PJJ. (mis. durasi pertemuan yang terbatas untuk akun gratis)
  3. Tidak semua orangtua mampu membelikan ponsel atau laptop yang layak demi kebutuhan PJJ untuk anaknya.
  4. Banyak perangkat yang digunakan untuk WFH (Work From Home) dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) tidak optimal, lemot, sudah usang, serta tidak cukup kuat untuk melakukan kinerja multitasking seperti Zoom, Microsoft Word dan Browser pada waktu bersamaan.

Untuk mengatasi kendala nomor 4, sepertinya memang harus move on ke perangkat yang lebih capable. Lantas, perangkat seperti apa—dalam hal ini berarti Laptop—yang paling ideal untuk keperluan Work From Home dan PJJ di masa-masa serba online seperti sekarang ini?

Nah, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebuah laptop agar dikatakan capable atau mampu memenuhi kebutuhan selama WFH dan PJJ. Mari kita simak poin-poinnya.

  1. Memiliki prosesor yang gesit dan memiliki arsitektur terbaru. Chipset Intel Core Generasi ke-10 lebih direkomendasikan.
  2. Memiliki SSD Storage yang lebih cepat dari HDD biasa.
  3. Memiliki bobot yang ringan dan ringkas untuk WFH atau PJJ dimana saja & kapan saja.
  4. Software Office Pre-Installed yang menghemat kantung hingga jutaan rupiah sekaligus menghindari malware berbahaya dari produk Office bajakan.

Keempat kriteria ideal tersebut setidaknya harus terpenuhi untuk mendapatkan performa terbaik dari sebuah laptop. Untuk menghandle pekerjaan yang mungkin bernilai jutaan hingga miliaran rupiah, atau menjalani studi online yang sangat penting untuk masa depan, setidaknya kita harus selektif dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Kesibukan dan keseharian kita yang padat tentunya harus dibarengi dengan performa menjanjikan dari laptop yang digunakan. Mengapa? Ayo kita bahas satu persatu.

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 “Comet Lake” yang powerful untuk segala kebutuhan.

Prosesor memegang peran paling penting dalam keseluruhan kinerja laptop. Seagresif apapun seorang sales toko mempromosikan laptopnya dengan kerap menonjolkan sisi desain, warna, apalagi harga diskonannya—kadang membuat pendirian runtuh, prosesor tetaplah hal nomor satu yang harus ditelisik terlebih dahulu.

Seperti halnya otak manusia, performa yang bisa ditawarkan oleh prosesor laptop bisa menentukan seberapa banyak serta efektif pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan waktu singkat, dan tentunya harus tanpa kendala. Apalagi di masa-masa WFH dan PJJ, membuka satu hingga dua aplikasi rasanya tidak cukup—karena tidak efisien dalam hal waktu.

Apalagi jika kamu orangnya hobi multitasking, seperti menulis laporan di aplikasi Word, bertatap muka dengan dosen atau bos dengan Zoom, menjelajah ringan untuk mencari sekedar informasi dengan Chrome, atau sambil mendengarkan musik dikala senggang dengan Spotify. Jika kamu gemar melakukannya, kamu butuh lebih dari sekedar laptop yang punya prosesor biasa. Kamu butuh yang benar-benar powerful.

Produsen chipset untuk PC terbaik sekarang ini, yaitu Intel, baru-baru ini merilis lini prosesor terbaru mereka, yakni Intel 10th Gen Comet Lake yang kabar baiknya sudah dirilis dan bisa dinikmati oleh para WFH-ers dan pelajar online diseluruh Indonesia. Dengan lini produk mulai dari Celeron, i3, i5, i7 hingga i9, penguna bisa menikmati performa cepat dan menjanjikan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan, mulai dari multitasking, gaming, multimedia, hingga pekerjaan bisnis.

Memiliki SSD Storage untuk performa baca-tulis yang luar biasa.

Panacea adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan satu jenis obat yang mampu menyembuhkan segala jenis penyakit. Walaupun belum ditemukan—atau mungkin memang tidak akan pernah ada, tapi para ilmuwan tetap berusaha menemukan obat ini dibarengi dengan penelitian dan eksperimen selama bertahun-tahun.

Satu hal yang perlu kamu tahu tentang SSD. Tipe storage yang satu ini ibarat panacea untuk sebuah komputer personal. Kemampuannya yang luar biasa dalam pemrosesan baca-tulis, ketahanannya dari suhu ekstrim serta bantingan ataupun guncangan, membuatnya sangat unggul dari harddisk konvensional. Beberapa masalah yang umumnya ada baik itu laptop ataupun komputer seperti…

  • Performa booting yang lambat dan memakan waktu lama
  • Performa buka-tutup aplikasi yang super lemot
  • Proses loading yang memakan lebih banyak waktu didalam aplikasi, dan
  • Kejadian file atau aplikasi mengalami korup, crash, dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya

…dapat dengan mudah diatasi dengan cukup menanamkan SSD didalamnya. Nantinya, OS sistem yang diinstall di drive SSD akan bekerja dengan optimal, dan semua jenis file yang ditaruh didalam SSD akan mengalami proses buka-tutup yang blazingly fast.

Dokumentasi Tirto.id, Infografik dari Rangga. Diambil dari artikel Membandingkan Kinerja Perangkat Penyimpan Data: SSD vs HDD

Untuk keperluan WFH dan PJJ, laptop yang dibekali dengan SSD adalah wajib hakikatnya—jika ada maka lebih baik—jika tidak ada, tetap masih bisa berfungsi seadanya. SSD menawarkan performa baca-tulis yang lebih cepat, performa aplikasi yang lebih solid, dan sangat baik untuk kinerja multitasking. SSD juga memiliki konsumsi daya yang lebih kecil dari HDD biasa, karena didalamnya berupa rangkaian microchip yang terintegrasi, dan bukan piringan berputar selayaknya didalam harddisk.

Performa hemat daya tentunya sangat dibutuhkan untuk keperluan WFH dan PJJ, karena mampu menawarkan ketahanan baterai yang lebih panjang serta optimized, sehingga user bisa menyelesaikan banyak pekerjaan ataupun pelajaran dengan fokus tanpa khawatir kehabisan daya.

Memiliki bobot keseluruhan yang compact dan fleksibel dibawa kemana saja

Sebuah laptop bisa aja memiliki performa prosesor atau sektor lainnya yang menakjubkan. Tetapi jika bobotnya aja sudah membuat punggung atau lengan merasa lelah ketika membawanya kemana-mana, nah bagaimana caranya balikin mood dan excitement yang hilang akibat kelelahan? Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan bobot ringan yang nyaman dibawa kemana-mana.

Pandemi memang tidak seketat di awal tahun lalu. Karena dengan adanya protokol kesehatan di era New Normal, orang-orang khususnya pekerja WFH dan pelajar studi online kini bebas beraktifitas dimana saja, tanpa harus mengerjakannnya dari rumah. Itulah yang membuat laptop yang mereka gunakan untuk WFH dan PJJ harus mendukung mobilitas dan kenyamanannya.

Laptop yang bisa ditenteng dengan satu tangan tentunya ideal. Apalagi ketebalan dan dimensinya yang minimalis tentunya akan sangat bermanfaat. Dan apabila disimpan dalam tas ataupun koper tidak memakan terlalu banyak ruang. Biasanya. laptop dengan bobot ringan dan desain minimalis, ditambah dengan performanya yang sangat baik, akan dipatok dengan harga mahal apabila dirilis ke pasar. Entahlah, apakah nanti bakalan ada laptop se-ideal itu yang kebetulan bisa dimiliki dengan harga yang terjangkau. Untungnya kita bisa mengetahuinya di akhir artikel ini.

Produk Office yang tersedia gratis secara pre-installed “Sang Penyelamat Dompet”

Berapa harga Office 365 Personal? Saya coba lihat di situs resmi Microsoft, 960 ribu rupiah, dan itu penagihannya per tahun. Berapa harga Office Home & Student 2019? 1.9 juta rupiah, dan untungnya itu cukup sekali beli. Tetapi soal fitur dan kompatibilitas masih jauh dari seri Office 365.

Bagaimana dengan produk Office yang dijual 100 ribu, bahkan saya pernah nemu di harga 20 ribuan saja di Marketplace? Ya, saya berani katakan itu asli. TTAAAAAAPIIIII, apakah kamu yakin itu legal secara etis? Yakin installer yang diberikan oleh si penjual aman dari virus ataupun backdoor jahat?

Ga perlu cari resiko sana-sini, kamu hanya membahayakan data-data pribadi kamu untuk dicuri atau terkena ransomware hanya karena tergiur produk Office murah dan gajelas. Mulai tinggalkan budaya bajakan dan ayo pakai software asli. Sekarang sudah ada kok laptop yang dijual resmi dengan menyertakan produk Office gratis dan asli secara pre-installed, artinya kamu tidak perlu membeli lisensi atau bahkan mengunduh Office bajakan di internet.

Karena sesungguhnya!!!, laptop paling ideal untuk WFH dan PJJ pada saat ini, tidak hanya komplit di sektor hardware saja, tetapi juga harus komplit di sektor software—dalam hal ini Office. Karena produk dari Microsoft yang satu ini memang sangat esensial dan menjadi standar pengolahan data secara universal, karena dipergunakan dalam urusan pekerjaan dan pelajaran diseluruh dunia.

So, daripada repot membeli lisensi Office terpisah dan mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah, kenapa tidak sekalian beli laptop yang sudah pre-installed Office didalamnya?. Gratis, mudah digunakan, dan tentunya menghindari diri dari budaya pembajakan dan resiko keamanan data personal kamu.

Nah akhirnya kita tiba ke pertanyaan utama yang mungkin kamu pertanyakan sedari awal.

Memangnya ada laptop komplit cocok untuk WFH dan PJJ seperti itu? Beneran ada?

Kriteria Ideal Laptop Khusus WFH & PJJ

Kalian datang di artikel yang tepat. Thank God, akhir-akhir ini ASUS Indonesia baru saja merilis laptop tipe terbaru mereka, yakni Vivobook 14 A416. Dengan tagline terbaru yang disematkan ke perangkat ini yaitu Easy Portability, Effortless Productivity, kelihatannya laptop ini memang khusus dirilis untuk para pegiat WFH dan PJJ saat ini. Vivobook 14 A416 tak lain adalah laptop tipis nan compact dengan performa yang tangguh untuk kebutuhan apa saja, khususnya semua hal berbau digital. Laptop ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik itu konten kreator, pelajar, pekerja online, pebisnis, bahkan semua tipe pekerjaan.

Keempat poin yang saya jelaskan diawal seperti

  • Memiliki prosesor Intel Core 10th Gen yang gesit dan powerful
  • Memiliki penyimpanan SSD untuk performa baca-tulis yang sempurna
  • Memiliki bobot ringan, minimalis dan compact
  • Sudah terinstall Windows 10 Home dan Office 2019 Home and Student ASLI dan Gratis

Semuanya ada didalam rupa ASUS Vivobook 14 A416. Laptop ini sangat ideal buat kamu miliki, wahai pekerja WFH dan siswa PJJ. Dengan harga mulai dari 4.8 juta saja, kamu udah bisa nikmatin performa menakjubkan dan kombinasi spesial dari prosesor Intel Core Generasi kesepuluh dan SSD yang siap menemani keseharian dan aktivitas kamu.

Nah, kalau tadi kita sudah bahas kriteria ideal sebuah laptop yang cocok untuk kinerja WFH dan PJJ, kali ini saya akan bahas mengapa ASUS Vivobook 14 A416 dengan spesifikasinya yang unggul dan desainnya yang ringan wajib menjadi daily driver kamu sehari-hari. Kita akan ulas satu-persatu.

Desain Minimalis dan Compact

Karena mengusung konsep mobilitas tinggi yang fleksibel untuk penggunanya, itulah mengapa Vivobook 14 A416 ini dirancang dengan presisi dan efisiensi agar bodinya tetap ringkas dan ringan, tanpa harus mengorbankan performanya. Berat keseluruhannya yang hanya 1.6 kg (saya malah lihat1.5kg di website resmi ASUS), dan ketebalannya yang hanya 19.9mm membuat laptop ini menjadi impian para pekerja WFH dan PJJ yang punya mobilitas tinggi karena mudah dibawa kemana saja.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan.

Yang unik dari Vivobook 14 A416 ini adalah desain bezel layar khas ASUS yaitu NanoEdge Display yang memungkinkan bezel dapat tampil sangat tipis. Makanya kalau diperhatikan, rasio bodi-ke-layar dari laptop ini mencapai 82%. Ini selalu menjadi fitur unggulan dari ASUS untuk semua lini laptop terbaru mereka, menyajikan laptop tipis dan premium dengan desain layar yang eksklusif.

Selain fitur NanoEdge Display yang membantu menyajikan layar seluas 14 inci terasa seperti laptop berkelas, adapun resolusi layar yang ditanamkan oleh ASUS yaitu FHD 1920x1080px dengan panel IPS HD dan rasio layar 16:9. Tentunya tampilan layar seperti ini sangat memanjakan pengguna yang hobi menikmati konten multimedia dimana saja, karena ASUS juga membenamkan lapisan Anti-Glare—fitur anti silau dari pantulan cahaya.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan.

Kamu akan disuguhkan tampilan grafis dengan kekayaan warna dan kontras yang menakjubkan berkat panel layar sRGB 100%, dan tentunya akan konsisten saat kamu mengubah sudut penglihatan karena memiliki sudut pandang hingga 178°. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi warna dan mode layar lewat software ASUS Splendid untuk mendapatkan tone warna favorit serta kenyamanan menatap layar.

Halo para pekerja WFH dan PJJ, kalau sudah lelah bekerja ataupun belajar, boleh dong take a rest sejenak dan coba menikmati tontonan serial Netflix menggunakan VivoBook 14 A416 ini. Tapi tetap ingat waktu ya. Selesaikan pekerjaan dan tugas terlebih dahulu dan jangan sampai khilaf nontonnya. Bisa bisa kerjanya cuman satu jam, marathon World of The Married-nya malah kelar setengah hari. Hehe.

Performa Dapur Pacu yang Menakjubkan

Desain minimalis yang dirancang dengan presisi, tentunya tidak mengorbankan performa VivoBook 14 A416 yang tetap memiliki rangkaian spesifikasi yang terbarukan. Ada banyak varian prosesor yang ditanamkan di VivoBook 14 A416 ini, tapi semuanya ditenagai Intel Core Generasi ke-10 yang sangat bisa diandalkan untuk segala jenis aktivitas. Mulai dari keperluan WFH, belajar online alias PJJ, browsing-an multitasking ria, hingga menikmati konten multimedia.

Varian tertinggi dari VivoBook 14 A416 memiliki prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki empat buah core dan delapan thread, dan bisa mencapai puncak performa hingga 3.6GHz, atau yang akrab dikenal sebagai boost clock. Kemampuan prosesor ini tidak perlu diragukan lagi, karena untuk kebutuhan multitasking yang berat di masa-masa PJJ dan WFH, Vivobook 14 A416 dapat menjalankannya dengan mudah.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan.

Beberapa varian VivoBook 14 A416 khususnya seri tertinggi i5 juga ditanamkan chip pengolah grafis NVIDIA GeForce MX330 dengan VRAM sebesar 2GB bertipe GDDR5, yang sangat mampu diandalkan untuk performa grafis yang powerful. Pengguna bisa menjalankan berbagai aplikasi sesuai hobi dan kebutuhan pekerjaan, misal desain grafis, editing foto dan video, bahkan bermain game kasual dengan framerate yang tergolong mulus & nyaman.

Untuk semakin melengkapi performa VivoBook 14 A416, laptop ini disediakan dengan konfigurasi yang beragam. Untuk varian tertinggi yakni Intel i5, jenis memori yang digunakan adalah DDR4, yang sudah jadi standar laptop modern saat ini. Dan apabila masih dirasa kurang cukup untuk multitasking ekstrim, konfigurasi RAM-nya bisa kok di-upgrade hingga 12GB.

Bagaimana dengan SSD-nya? Salah satu sektor yang menjadi keunggulan utama dari laptop ini menggunakan tipe M.2 PCIe yang tentunya lebih cepat dari SSD bertipe SATA biasa, bahkan berlipat-lipat lebih kencang dari HDD konvensional. Untungnya buat pengguna yang butuh storage lebih banyak, bisa membeli varian tertinggi dari VivoBook 14 A416 yang menyediakan slot untuk HDD 1TB berbarengan dengan SSD.

Baterai Tahan Lama Untuk Aktif Seharian

Apa gunanya laptop punya spesifikasi canggih tapi menulis postingan blog sambil main Zuma selama 30 menit, udah ada notifikasi dari sistem minta di charge? Kehabisan daya adalah musuh utama semua pekerja WFH dan orang-orang yang mobilitasnya tinggi. Untuk itulah VivoBook 14 A416 ditanamkan baterai Li-Po (lithium polymer) berkapasitas 37 WHrs yang dioptimasi dengan software ASUS Battery Health Charging untuk memaksimalkan performa dengan konsumsi daya yang efisien.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan

Kabarnya juga, sudah tersedia fitur fast charging yang mampu mengisi persentase baterai hingga 60% hanya dalam waktu kurang dari satu jam saja, lebih tepatnya 49 menit. Fitur ini membantu banget untuk kembali aktif tanpa harus menunggu proses pengisian daya yang lama.

Pekerja WFH dan siswa PJJ sangat mengapresiasi ketahanan baterai dari VivoBook 14 A416 ini. Pasalnya, laptop ini bisa diajak kerja dan belajar hingga 7.5 jam tanpa harus membawa charger kemana-mana. Chargernya lumayan berat soalnya, kalau dikira-kira itu sekitar 200gram. Tapi buat kamu yang lagi jalanin program diet dan pengen ngurusin lengan, ya gapapa, bawa aja chargernya kemana-mana.

Fitur Pendukung dan I/O Untuk Mobilitas Tinggi

Untuk memastikan pengguna VivoBook 14 A416 mendapat pengalaman bekerja dan belajar terbaik semasa pandemi seperti ini, laptop ini dibekali banyak fitur dan spesifikasi yang teroptimasi, terbarukan, untuk mendukung mobilitas pengguna yang aktif bergerak kemana saja.

Misi ini diakui langsung oleh Jimmy Lin, selaku ASUS Regional Director Southeast Asia dalam sebuah wawancara, dimana beliau mengatakan

Sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia, ASUS berkomitmen selalu menghadirkan perangkat dengan kualitas tinggi sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia

Beliau juga melanjutkan dengan mengaitkan rilisnya ASUS Vivobook 14 A416 dengan komitmen ASUS

VivoBook 14 (A416) merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan. Didukung oleh berbagai teknologi serta fitur terkini, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang selalu dapat diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia

Dibawah ini akan ada penjelasan tentang fitur pendukung seperti apa aja yang tersedia di ASUS Vivobook 14 A416 yang berguna untuk mendukung pengalaman bekerja terbaik sekaligus memenuhi mobilitas tinggi penggunanya. Ayo kita bahas.

Full-Sized Backlit Keyboard

Fitur pendukung yang pertama adalah, ASUS Vivobook 14 A416 dibekali dengan papan ketik full-size yang didesain secara ergonomis serta kokoh, dan juga telah dilengkapi backlit untuk memberi kenyamanan kepada pengguna dikala bekerja dan mengetik dalam kondisi minim cahaya. Kenyamanan mengetik juga semakin bertambah karena setiap tombol keyboard-nya didesain memiliki key travel sejauh 1,4mm. Mengetik akan terasa nyaman walau mengerjakan dokumen dalam waktu lama.

Dok. ASUS Indonesia, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A416 Series.

Uniknya, untuk para pekerja WFH yang kerjaannya lebih banyak melibatkan elemen numerik seperti nyelesein laporan keuangan di Excel, ASUS khusus menanamkan fitur LED-Illuminated Numeric yang bisa diakses langsung dari Touchpad. Fitur yang menunjukkan ASUS Vivobook 14 A416 memang kompatibel untuk semua pekerjaan, baik itu konten kreator, pelajar, pebisnis dan bahkan seorang akuntan sekalipun.

Biometric Fingerprint Sensor

Tidak jauh dari papan ketik, ASUS menanamkan fitur keamanan biometrik berupa fingerprint sensor yang tersedia di beberapa varian Vivobook 14 A416. Biasanya sih, fitur fingerprint seperti ini hanya ada di kelas ZenBook—seri laptop kelas premium dari ASUS—yang harganya belasan juta. Dengan adanya fitur ini, pengguna Vivobook 14 A416 bisa masuk ke dalam sistem Windows 10 Home—yang tentunya juga asli preinstalled—melalui fitur bernama Windows Hello. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi yang rumit. Tidak lebih rumit dari hubungan saya dan dia.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan.

Built-in VGA Webcam

Yang kesehariannya ikutin kelas online via Zoom, Vivobook 14 A416 disertai dengan kamera Webcam beresolusi 720p, dan mikrofon terintegrasi dengan kualitas yang cukup jernih, sehingga penggunanya bisa menggunakan laptop ini sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar dirumah. Bisa juga sih untuk sekedar video call dengan orang tersayang apabila terpisahkan jarak.

Laskar LDR mana suaranya? Saya paham rasanya. Kamu tidak sendirian, hehe. Ingat, jarak hanyalah angka. Jarak mungkin bisa memisahkan, tapi dengan VivoBook 14 A416, bisa terasa lebih dekat.

Cukup, cukup. Bubar, bubar semuanya.

Port Input & Output Yang Modern dan Terbarukan

Sebagai laptop modern, ASUS Vivobook menggunakan antarmuka I/O yang terbarukan. Seperti hadirnya satu port USB 3.2 bertipe Type-C Gen 1, satu port USB 3.2 bertipe Type-A, satu port HDMI versi 1.4, dua port USB 2.0 bertipe Type-A, satu port Combo Audio Jack 3.5mm, dan slot untuk memasukkan Micro-SD Card Reader. Dan untuk sektor nirkabel, Vivobook 14 A416 ini dibekali dengan teknologi WiFi 5 (802.11ac) berkecepatan tinggi untuk terhubung ke jaringan internet, dan Bluetooth versi 4.1 agar penggunanya bisa menghubungkan berbagai aksesoris nirkabel.

Dok. ASUS Indonesia, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A416 Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan.

Beberapa aksesoris sekarang ini seperti USB Drive, kabel data, hingga Harddisk eksternal kebanyakan sudah mendukung teknologi USB 3.0 hingga 3.2 yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat. Itu sebabnya kamu perlu memilih laptop dengan slot konektivitas yang terbarukan, dan ASUS Vivobook 14 A416 memiliki slot Input-Output yang sangat berguna di masa depan.

Proteksi Ekstra untuk Chasis dan E-A-R HDD Protection

Dan, salah satu teknologi yang belum banyak ditemui di laptop para pesaing, kerangka ASUS Vivobook 14 A416 didesain dengan presisi sehingga menghasilkan konstruksi yang tangguh, terutama di bagian chasis utama dan rangka layar. Untuk chasis menggunakan teknologi yang dinamakan Reinforced Chassis dan untuk rangka layarnya bernama Reinforced Lid. Keduanya terbuat dari bahan logam solid, untuk memperkuat struktur perlindungan mesin dan layarnya menjadi super kokoh.

ASUS juga menanamkan perlindungan ekstra untuk sektor penyimpanan, terutama bagian Harddisk bernama E-A-R HDD Protection. Karena sejatinya piringan berputar didalam harddisk sangat sensitif terhadap goncangan dan benturan. Dengan adanya proteksi seperti ini, diharapkan mampu menyerap getaran saat terjadi benturan atau kejadian yang tidak disengaja, agar tidak sampai merusak data didalamnya.

Sudah Terinstall Office 2019 Home & Student Asli dan Gratis

Ini kelebihan yang paing saya suka dari penawaran ASUS ketika merilis Vivobook 14 A416 ke pasaran. Yaitu dengan menanamkan OS Windows 10 Home asli, dan yang paling spesialnya adalah Microsoft Office 2019 Home & Student asli pre-installed di dalam laptop ini. Tentunya ini sudah menyelamatkan pengeluaran tambahan jutaan rupiah untuk membeli lisensi Office asli secara terpisah. Jadi, ketika kamu udah beli VIvobook 14 A416, laptopnya sudah siap pakai.

Apalagi daya beli masyarakat dan pemasukan di masa-masa pandemi seperti ini relatif menurun, sehingga membeli produk Office secara berlangganan mungkin terdengar seperti ide yang buruk. Menurut saya sih, berlangganan Office secara bulanan atau tahunan layaknya pemborosan uang, apalagi yang dikerjakan masih sekedar pengolahan data dasar atau kebutuhan perkuliahan. Tapi, untuk kalangan profesional, saya sangat menyarankan untuk membeli Office dengan fitur penuh karena cukup terbantu dengan berbagai fitur spesial yang disediakan Microsoft.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan.

Membeli ASUS Vivovook 14 A416 dengan Office 2019 Home & Student Pre-installed adalah pilihan terbaik bagi semua kalangan, untuk semua kebutuhan, dan tentunya sangat membantu pengguna menghemat pengeluaran, sehingga sisa uang pembelian laptop—yang tentunya sangat susah diperoleh di masa pandemi—bisa dialokasikan ke hal-hal yang lebih penting.

Dan yang terutama, pengguna tidak perlu lagi mencari Office 2019 bajakan alias crack yang beredar di internet, karena beresiko membahayakan data pribadi diserang oleh virus maupun hacker. Bayangkan aja proyek kerjaan senilai jutaan rupiah hangus begitu aja diserang oleh ransomware karena lagi asik mengunduh produk Office bajakan. Belum lagi kamu diminta membayar uang minial $1000 sebagai uang tebusan atas file-file berhargamu, yang tentu aja belum tentu dibalikin oleh sang hacker.

Pegang kendali dengan aplikasi MyASUS

Satu lagi yang spesial dari Vivobook 14 A416, adalah software bernama MyASUS. Software ini memberikan kontrol penuh kepada pengguna terhadap keadaan laptopnya, dan fitur troubleshooting untuk menyelesaikan kendala didalam laptop. Pengembang dan tim R&D ASUS tentunya ingin memastikan pengguna mendapat pengalaman terbaik selagi bekerja dan belajar menggunakan ASUS Vivobook 14 A416 melalui aplikasi MyASUS.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan.

MyASUS akan menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS secara langsung.

Yang paling menarik dari MyASUS adalah fitur bernama Link to MyASUS. Fitur ini memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) untuk menghubungkan ponsel pintarnya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif. Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi, mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari aplikasi, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.

Dok. Penulis, diedit dan didesain oleh Pieter. Laptop in-frame adalah Vivobook 14 A4XX Series.
Deskripsi selengkapnya ada di-akhir tulisan

Mengapa saya sangat merekomendasikan ASUS Vivobook 14 A416

  • Performanya yang menakjubkan. Dengan prosesor Intel Core generasi ke-10 “Comet Lake”, laptop ini sangat ideal untuk segala kebutuhan, baik itu WFH dan PJJ. Mampu menangani multitasking, browsing, editing, multimedia, apapun hobi penggunanya. Didukung dengan SSD, RAM DDR4 yang bisa diupgrade hingga 12GB, dan kartu grafis GeForce MX330, laptop ini semakin terlihat sempurna untuk jadi daily driver para pegiat WFH dan PJJ.
  • Bobot dan dimensinya yang sangat minimalis. Dengan berat hanya 1.5kg saja, dan ketebalannya hanya 19.9mm membuat laptop ini mudah dibawa kemana saja, disimpan tanpa memakan banyak ruang, dan mendukung mobilitas pengguna yang aktif bergerak.
  • Sangat cocok untuk kebutuhan multimedia. Dikala bosan menjalani WFH dan PJJ, laptop ini sangat ideal digunakan untuk menikmati konten multimedia. Dengan dukungan panel IPS dengan kualitas FHD 1920x1080p, sertifikasi sRGB 100%, fitur Anti-Glare dan dukungan ASUS Splendid untuk menampilkan grafis memukau dan warna yang tajam.
  • Baterai yang tahan lama. Dengan baterai Li-Po berkapasitas 37 WHRs, laptop ini bisa digunakan selama 7.5 jam hanya dalam sekali pengisian penuh. Dengan juga adanya software optimasi ASUS Battery Health Charging, memaksimalkan performa komputasi dengan konsumsi daya yang efisien.
  • Fitur pendukung yang canggih. Seperti Biometrik Fingerprint untuk memudahkan pengguna masuk kedalam sistem hanya dengan jari, papan ketik backlit untuk membantu pengguna mengetik dalam keadaan minim cahaya, serta Webcam dengan kualitas 720p sebagai alat pendukung proses WFH dan PJJ.
  • Mudah dan kompatibel dengan semua perangkat. Laptop ini lengkap dalam segi input/output yang memudahkan pengguna menyambungkan perangkat apa saja, seperti flashdrive Type-C, HDMI, port USB berkecepatan tinggi, hingga Micro USB driver. Tidak perlu beli adapter apa-apa, praktis dan futuristik.
  • Produk Office GRATIS!. Setiap pembelian unit Vivobook 14 A416 sudah disertakan produk Microsoft Office 2019 Home & Student asli dan tersedia secara preinstalled. Tidak perlu beli lisensi terpisah, tidak perlu cari produk bajakan, bebas dari ancaman virus, dan tentunya menghemat jutaan rupiah. Begitu beli laptopnya, langsung siap pakai.
  • Kontrol penuh oleh pengguna. Kemampuan untuk mengontrol penuh dan memperbaiki laptop sendiri dengan aplikasi MyASUS yang tersedia di dalam Vivobook 14 A416 dan juga bisa diunduh dari Google Play Store untuk smartphone kesayangan kamu. Dapatkan fitur bermanfaat seperti berbagi file langsung, dan fitur lainnya.
  • Jaminan kualitas. Siapa yang tidak kenal ASUS? Mereka dikenal luas sebagai produsen perangkat komputer dan laptop terdepan dan paling inovatif di dunia. ASUS adalah pemimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya. Lewat garansi 2 Tahun Global yang disematkan ke produk Vivobook 14 A416, ASUS menjamin pengalaman pengguna terbaik dan teroptimasi untuk semua pengguna setianya.
  • Mungkin ini adalah kesempatan langka untuk memiliki Vivobook 14 A416, laptop all-round paling ringkas di dunia yang telah ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, serta hadir dengan Office Pre-Installed. Apalagi buat kamu yang sedang mencari rekomendasi laptop untuk WFH dan PJJ.

Penutup

Demikian ulasan saya tentang ASUS Vivobook 14 A416 yangggggg saaaaaangat panjang ini. Semoga kalian semua tidak bosan ya. Untuk info soal harganya, ASUS Vivobook 14 A416 bisa didapatkan mulai dari harga Rp4.799.000 untuk varian Celeron, dan Rp10.799.000 untuk varian i5-nya. Kamu bisa dapatkan di toko online favorit, atau toko elektronik terdekat di kotamu.

Terima kasih telah membaca, sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Tabel Spesifikasi ASUS Vivobook 14 A416

Main Spec.VivoBook 14 (A416)
CPUIntel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz) Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz) Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Operating SystemWindows 10
Memory4GB DDR4 RAM
Storage1TB 5400 rpm SATA HDD 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD 512GB PCIe® Gen3 x2 SSD 1TB HDD + 256GB SSD
Display14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) IPS Anti-Glare 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare
GraphicsNVIDIA GeForce MX350 (optional) Intel UHD Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader
CameraVGA Web Camera
ConnectivityWi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
AudioSonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm
Weight1,6 Kg
ColorsTransparent Silver, Slate Grey
PriceRp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD) Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD) Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD) Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD) Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD) Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD) Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)
Warranty2 tahun garansi global

Artikel ini yang berjudul Menemukan Laptop Ideal Untuk WFH & PJJ serta Mengapa Saya Sangat Merekomendasikan ASUS Vivobook 14 (A416) diikutsertakan dalam kompetisi ASUS VivoBook 14 A416 Blog Competition yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia bersama Kang Didno.

Referensi dan Sumber Gambar

  1. Press Release – ASUS VivoBook 14 (A416) Laptop dengan Fitur Modern untuk Semua Kalangan_18Dec20, bisa diakses disini
  2. Dokumentasi ASUS Indonesia, bisa diakses disini
  3. Halaman resmi ASUS Laptop 14 X415JP, bisa diakses disini
  4. Banner logo Intel Core 10th Gen, bisa diakses disini
  5. Panacea, Wikipedia. Artikelnya bisa diakses disini
  6. Infografik Membandingkan Kinerja Perangkat Penyimpan Data: SSD vs HDD Dokumentasi Tirto.id, Infografik dari Rangga, bisa diakses disini
  7. Dokumentasi pribadi penulis, diambil dan diedit langsung oleh Pieter Mardi. Profilnya bisa dicek disini. Hehe sekalian promosi diri, wkwk.
Default image
Pieter Mardi
Penulis, Mahasiswa, Tech Anthusiast. Ketua Umum FPI. Front Pelindung Introver. Semua tulisan dibuat dengan passion saya di bidang teknologi dan bahasa Inggris. Untuk sapa-sapa hubungi kontak@hypeter.com

8 Comments

    • Kalau seri K413FQ mah sudah termasuk seri Ultra yang saya lihat barusan menyasar dari harga 10 juta keatas. Mirip mirip seri ZenBook tapi versi lebih murah. Beda dengan seri A416 yang dibahas ini, karena untuk seri ini mereka juga menyediakan versi murah yakni Celeron 10th Gen mulai dari harga 4.6 juta aja. Mungkin A416 adalah versi lebih terjangkau dari seri Vivobook Ultra K413FQ. Tergantung kebutuhan dan budgetnya.

  1. Sejak bulan Maret nih suami juga kerja remote, jadilah hampir setahun di rumah trus sama-sama. Butuh banget laptop masibg-masing supaya pekerjaan & belajar gak terganggu. ASUS VivoBook 14 A416 cocok buat PJJ maupun WHF ya. Salam kenal ya, makasih udah dikunjungi.

    • Bener banget mbak. Jadi ketika beli laptopnya, udah siap pakai dan ga perlu lagi mikirin beli lisensi terpisah dan bajakan. Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal.

Berkomentar dapat melegakan pikiran. Cobalah!

error: Mohon maaf. tapi konten ini diproteksi!
%d blogger menyukai ini: