Meningkatkan Kualitas Diri Agar Semakin Kreatif & Produktif Didukung ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Halo, selamat datang kembali. Melalui tulisan ini, saya kepingin membahas artikel lama yang pernah saya tulis sebelumnya di blog saya yang lain, judulnya Membawa Indonesia Ke Puncak Olympus. Nah, anggap aja ini sekuel dari pos itu ya, hehe.

Saya mau cerita sedikit, nih. Kamu tau ga, Everest adalah puncak gunung tertinggi di Bumi saat ini. Emang bener. Tapi, jika dibandingkan dengan Mons Olympus yang berada di Mars, Everest itu ga ada apa-apanya, euy. Ketinggian Everest yang berkisar 8.8km kelihatan seperti bukit biasa jika dibandingkan dengan Mons Olympus yang tingginya bisa mencapai 16 mil atau 25km.

Source : National Geographic

Nah, fakta itu menjadikan Mons Olympus sebagai puncak tertinggi di alam semesta kita (observable universe). Karena ketinggiannya yang super wah, Mons Olympus sering dijadikan lambang dari titik tertinggi dari sebuah pencapaian. Kalau sebuah prestasi udah diibaratkan dengan tingginya Puncak Olympus, tidak bisa diragukan lagi bahwa itu adalah titik pencapaian paling tinggi hingga seorangpun tidak bisa menyainginya.

Saya mempunyai Mimpi.

Bahwa suatu hari nanti, Negara Indonesia, dengan kekayaaan sumber daya alamnya yang melimpah, kualitas sumber daya manusianya yang cerdas & bermutu, serta ditopang sistem pemerintahan yang progresif, bakal menjadi negara yang maju. Amin Negara ini kelak akan jadi kiblat sekaligus teladan bagi bangsa-bangsa lain hingga kita bisa dikatakan berhasil mencapai Puncak Olympus.

Tidak hanya mencapai titik tertingginya, bahkan kita mampu menaruh bendera Merah Putih diatasnya.

Mimpimu terlalu tinggi, Pieter!

Tidak. Mimpi tidak punya batasan, setau saya. Mimpi ini cukup realistis untuk diwujudkan, karena sekarang bangsa ini sedang bergerak ke arah yang benar. Mungkin saya tidak punya kredensial atau kapasitas yang cukup untuk mengatakan ini, tetapi saya coba menjelaskan dari sisi yang realistis.

Kita punya segalanya yang dibutuhkan untuk menjadi negara maju. Sumber daya alam yang berlimpah, keragaman budaya yang menjadikan kita unik, (sekali lagi) keragaman yang mampu mendatangkan banyak pemasukan untuk devisa negara, dan yang paling penting, kita punya sumber daya manusia yang mumpuni.

Kemajuan Indonesia didukung oleh para profesional.

Udah pada tau dong dengan istilah Bonus Demografi? Nah, Indonesia diprediksikan bakal mencapai puncak Bonus Demografi pada tahun 2030. Artinya, pada tahun 2030 nanti, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenas) memprediksikan Indonesia akan memiliki jumlah penduduk dengan usia produktif (15-64 tahun) hingga 64% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Mayoritas penduduk kita akan mempunyai tingkat intelijensi yang cukup untuk bekerja, berkarya, dan menghasilkan sesuatu yang membanggakan.

Ini tentunya kabar penuh optimisme yang perlu kita wujudkan, karena Bonus Demografi ini sendiri adalah tantangan yang bisa memberikan dampak positif dan juga negatif. Jika pertumbuhan SDA ini tidak optimal, bonus demografi ini bisa menjadi bencana. Sebaliknya, ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk memajukan Bangsa ini lewat tangan orang-orang kreatif dan mereka para pekerja keras.

Lalu?

Kembali ke unit terkecil dari masyarakat. Kita, termasuk saya, adalah bagian dari Bonus Demografi yang diramalkan itu. Tentu ada tekanan yang berat di pundak kita masing-masing, menyadari nasib Bangsa Indonesia di masa depan bergantung dari apa yang kita lakukan detik ini.

Tapi sesungguhnya, ga seserius itu kok. Kita tidak harus melakukan hal yang wah. Kita tidak perlu angkat senjata lagi untuk melawan penjajah kolonialisme. Kita tidak dituntut untuk menciptakan penemuan baru, meraih Nobel Prize, atau merancang stasiun luar angkasa, untuk memenuhi ramalan dari prediksi Bonus Demografi itu.

We just need to start with a little things.

Kita hanya perlu meningkatkan kualitas diri setiap harinya, belajar hal-hal baru yang kiranya bermanfaat, dan menguasai keahlian-keahlian yang memiliki prospek tinggi dimasa depan. Sehingga kita kelak bisa menjadi pribadi yang bisa menghidup diri sendiri dan keluarga, dan juga mampu bermanfaat bagi orang lain. Sesederhana itu.

Peran kita sebagai mahasiswa tentu harus senantiasa meningkatkan kualitas diri. Menjadi mahasiswa yang berkualitas akan membawa posisi mahasiswa menjadi masyarakat yang kreatif dan mampu memanajemen serta memecahkan permasalahan baik lingkup permasalahan individu maupun sosial. Selanjutnya membekali diri dengan ilmu kewirausahawan agar siap menghadapi puncak bonus demografi di tahun 2030.

Lintang Ronggowulan, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Hal-hal besar selalu dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu. Dan ketimbang memaksakan diri untuk terlibat dengan hal-hal yang diluar kendali kita, kita selalu bisa mulai dari langkah kecil. Fokus meningkatkan kualitas diri sendiri, lalu selanjutnya mampu membantu orang lain meningkatkan kualitas dirinya juga. Siklus ini akan terus berjalan sampai seterusnya.

Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas diri?

Bekali diri dengan hal-hal baru dan skill paling dicari di masa depan.

Teknologi sudah lekat di setiap sektor pekerjaan manusia. Karena kemajuan teknologi, beberapa pekerjaan yang biasanya dihandle oleh manusia, mulai tergantikan oleh robot atau automatisasi sistem. Jangan malah nyalahin robotnya, kita sebagai manusia tentu ga mau kalah. Sudah saatnya kita meningkatkan kualitas diri dengan belajar hal-hal baru, berkemauan tinggi untuk mempelajari skill yang konon bakal sangat dibutuhkan di masa depan.

Bersosialisasi dengan komunitas, melakukan brainstorming, dan berkreasi bareng orang lain untuk meningkatkan kualitas diri.

Contohnya, coba untuk belajar bahasa pemograman yang baru, belajar desain, ikutan workshop, dan gabung ke bootcamp yang bakal ngajarin kamu skill paling dicari dimasa depan. Jangan ragu untuk menginvestasikan uang tabunganmu untuk ikut pelatihan seperti itu.

Walaupun kita dituntunt untuk cermat dalam memilih tempat belajar yang tepat. Karena selain mengeluarkan uang untuk biaya pelatihan, kita nantinya diminta untuk upgrade tools yang kita miliki sekarang. Salah satunya disarankan memiliki Laptop yang mumpuni agar mampu menangani tugas atau projek yang akan kita buat.

Persenjatai dirimu dengan peralatan mumpuni untuk belajar, bekerja dan berkreasi.

Dalam hal ini, adalah Laptop. Untuk meningkatkan kualitas dirimu, pastikan kamu ditemani peralatan yang berkualitas pula. Karena dengan peralatan yang tepat, kamu bisa membuka potensi tersembunyi dalam dirimu yang terpendam. Membantu kamu menyalurkan aspirasi dan kreativitas agar kelak keahlianmu dapat bermanfaat bagi orang lain.

Kenapa Laptop harus di upgrade juga? Apa tidak bisa tetap menggunakan Laptop yang ada sekarang ini?

Sebenarnya hal ini sama seperti prinsip bisnis. Untuk memperoleh keuntungan yang banyak, pasti dibutuhkan modal yang tidak sedikit pula. Nah, begitu juga dengan berinvestasi dengan tools yang kamu punya. Tidak ada salahnya membeli peripherals yang mahal. Bila dimanfaatkan dengan benar, peningkatan kemampuan alat yang kamu miliki akan berjalan beriringan dengan peningkatan keahlianmu.

Kamu tetap bisa pakai laptop yang lama untuk keperluan kerjaan atau pendidikanmu. Tapi jangan berharap performanya akan sama seperti hari pertama kamu membelinya, mungkin bertahun-tahun yang lalu.

Produsen Laptop ataupun smartphone selalu berinovasi mengeluarkan terobosan teknologi terbaru. Hal itu bukan tanpa sebab. Seiring berkembangnya teknologi, kompleksitas tugas dan sistem operasi juga semakin bertambah rumit. Hal ini yang tidak bisa ditangani lagi oleh perangkat-perangkat yang sudah usang, yang memang didesain untuk nge-handle teknologi di zamannya. Mereka adalah perangkat yang akan tergilas oleh zaman.

Kamu butuh upgrade tools dan senjata yang kamu miliki, apabila kamu seorang….

Pekerja kreatif dapat menemukan ide dimana saja. ExpertBook B7 Flip adalah laptop yang tepat untuk mendukungnya.

Pekerja Industri Kreatif

Laptop yang dirilis di tahun 2012, tidak akan berfungsi lancar untuk menghandle program dan utilitas desain di tahun 2022. Semua sektor mulai dari bobot hingga spesifikasinya tentu udah ketinggalan zaman dan ga lagi relevan. Dimulai dari panel layarnya yang berkualitas rendah yang menawarkan tingkat akurasi warna yang rendah pula. Bobotnya yang berat sehingga tidak praktis dibawa bepergian. Dan elemen yang paling penting dari semuanya, yaitu performanya itu sendiri.

Perbedaan performa yang jauh sekali bagai langit dan bumi antara sampel i7-2660M dan i7-1165G7. Wajar, teknologi 10 tahun yang lalu tentu sangat ketinggalan zaman dengan teknologi masa kini.

Prosesor i7-2660M yang rilis di tahun 2013 tidak akan lagi mampu menjalankan program Adobe Ilustrator atau software desain lainnya dengan lancar, sementara Prosesor i7-1165G7 generasi ke-11 yang merupakan teknologi terbaru saat ini sudah pasti mampu menanganinya tanpa kendala.

Kartu grafis Intel HD 3000 tidak akan menawarkan performa gaming, video editing atau desain yang optimal jika dipaksa untuk menghasilkan standar konten masa kini. Sebaliknya Intel Iris Xe Graphics generasi terbaru bahkan bisa memainkan beberapa game kekinian di kualitas 1080p settingan high, editing video dengan kualitas 4K, dan dipakai untuk keperluan desain tanpa kendala sama sekali.

Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan kualitas karyamu dalam industri kreatif, melakukan upgrade Laptop adalah langkah yang sangat tepat. Pastikan juga laptop incaran kamu memiliki spesifikasi yang mumpuni, kualitas panel layar yang baik, dan tentunya praktis dibawa kemana-mana.

Para profesional tidak perlu khawatir membawa ExpertBook B7 Flip ke medan yang ekstrim karena sudah disertifikasi ketahanan militer US.

Pekerja dengan Mobilitas Tinggi

Tipe orang seperti ini adalah mereka yang aktif bergerak seharian diluar rumah, bekerja maupun berkreasi. Baginya, inspirasi dan peluang bisnis berkeliaran diluar sana dan ibarat menjemput bola, mereka harus pergi keluar untuk menangkap peluang tersebut.

Sudah saatnya mengganti Laptopmu yang cuma tahan 2 jam tanpa di charger, belum lagi bobotnya yang mencapai 2kg, dan beralih ke Laptop yang lebih powerful. Kamu butuh sebuah Laptop yang kurang dari 1.5kg. Laptop yang ringan akan membantumu aktif bergerak, produktif dimana saja dan kapan saja.

Tidak lupa juga laptopnya kudu punya ketahanan baterai hingga 12jam dan mampu menawarkan performa tinggi untuk komputasi sehari-hari. Kita tentunya ga mau mati gaya hanya karena kehabisan baterai, atau presentasi ke klien dengan rasa was-was.

Jadi, apa yang kamu butuhkan dari sebuah Laptop untuk upgrade skillmu?

Dalam hal ini kamu bisa melakukan riset sendiri, atau bisa menanyakannya di forum diskusi seputar Laptop. Mereka akan mempertimbangkan semua pilihan laptop sesuai budget dan kebutuhanmu.

Budgetnya sudah ada, tapi belum tahu tipikal laptop yang kamu butuhkan? Pastikan Laptop yang kamu cari mempunyai kriteria dibawah ini.

  • Laptop dengan teknologi konektivitas terbaru dan juga aman. 5G sangat direkomendasikan untuk bekerja dengan cepat dimana saja walau jauh dari hotspot WiFi.
  • Laptop berperforma tinggi, anti lelet, dan ketahanan baterai yang super agar mampu menjalankan multitasking tanpa kendala dan tidak khawatir kehabisan daya.
  • Laptop dengan fleksibilitas handal, menyediakan mode clamshell dan mode tablet layar sentuh yang berguna sesuai skenario kebutuhan.
  • Laptop premium dengan serangkaian fitur bisnis yang mendukung produktivitas dan memudahkan pengguna dalam pengoperasian Laptop.
  • Laptop yang tangguh disegala kondisi. Setidaknya harus memiliki standar militer memberikan ketenangan saat bekerja tanpa rasa khawatir.
  • Laptop yang menawaarkan keamanan berlapis, melindungi data-data penting didalamnya. Serta mendukung Fingerprint yang lebih aman.

Yang ditunggu akhirnya datang juga. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) rilis di Bulan Juni ini.

ASUS Indonesia resmi memperkenalkan laptop bisnis dengan dukungan konektivitas 5G di Indonesia melalui produk ExpertBook B7 Flip (B7402). Saya sangat menyambut gembira kabar tersebut, dan tentunya merekomendasikan Laptop ini untuk dimiliki para pebisnis dan pegiat produktivitas.

Mengapa? Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics yang sekaligus menjawab semua kebutuhan yang sangat esensial di masa-masa sekarang ini. Sudah penasaran, bukan? Mari kita bahas lebih lanjut.

Konektivitas 5G Yang Lebih Cepat dan Aman

Presentasi dengan percaya diri dengan konektivitas 5G tiada tandingan.

Laptop dengan konektivitas WiFi dan Bluetooth mungkin sudah biasa. Kali ini, ExpertBook B7 Flip (B7402) membawa gebrakan baru, yakni menyematkan teknologi data seluler yang ga nanggung-nanggung. 5G!, langsung didalam perangkatnya. Teknologi ini tentunya sangat mempermudah pengguna ExpertBook B7 Flip (B7402) untuk tetap aktif bekerja dan berkreasi dimanapun dan kapanpun.

Bahkan ketika dirasa jauh dari spot WiFi atau kafe terdekat, masih ada koneksi 5G nya yang membantu terkoneksi ke Internet. Karena kita tau kalau hotspot WiFi tidak tersedia di segala tempat. Dan di beberapa situasi, kecepatan 5G menawarkan kecepatan dan kestabilan koneksi jauh lebih baik dari WiFi. Kini tidak ada lagi yang namanya mati gaya karena ga nyambung ke internet. Dengan ExpertBook B7 Flip (B7402), penggunanya dapat bekerja dengan ngebut di jaringan 5G.

Tapi pastikan dahulu ya, daerah kamu tercover jaringan 5G. Kamu bisa cek jangkauan sinyal 5G di lokasimu dengan tools ini.

Berkat kecepatan ngebut 5G, pengguna ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dapat menikmati panggilan konferensi dengan kualitas lebih baik tanpa interupsi yang mengganggu. Ini tentunya sangat membantu di masa new normal dimana orang-orang sudah terbiasa untuk bekerja fleksibel dimanapun.

Selain Teknologi 5G, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dilengkapi Teknologi WiFi 6 (802.11ax) dual-band terbaru, dioptimalkan juga dengan ASUS WiFi Master Premium untuk koneksi yang lebih stabil dan dapat diandalkan. Disematkan pula Teknologi Bluetooth® 5.2 untuk koneksi ke perangkat favoritmu.

Performa Menakjubkan Menopang Produktivitas Berat

Editing, rendering, dan designing tanpa kendala.

ExpertBook B7 Flip (B7402) dirancang untuk pekerjaan outdoor yang praktis dan juga menawarkan performa yang maksimal. Ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel® Core™, dengan kombinasi memori RAM bertipe DDR4 sebesar 16GB yang bisa diupgrade hingga 64GB.

Dibenamkan prosesor Intel® Core™ i7-1195G7 didalamnya yang tentunya menjanjikan performa super ngebut dengan clockspeed dasar 2.9 GHz, yang mampu mencapai puncak performanya di frekuensi 5.0GHz. Memiliki 4 buah core, dan cache sebesar 12M, memastikan semua pekerjaan selesai dalam waktu singkat tanpa kendala yang berarti. Semua urusan bisnis, kerjaan input data, dan urusan lainnya dipastikan selesai dengan cepat berkat pemrosesan ExpertBook B7 Flip yang tangguh.

Untuk pengolahan grafisnya, ExpertBook B7 Flip (B7402) disematkan kartu grafis Intel Iris® Xe graphics untuk segala keperluan pengolahan grafis dan multimedia yang menakjubkan. Editing video, bermain game kasual, hingga urusan multimedia tentunya semakin nyaman dengan grafis yang tajam dan memukau. Dan tentunya bisa menjadi pilihan dikala waktu luang atau lelah dalam bekerja.

Disematkan pula penyimpanan SSD berukuran 1 TB berteknologi PCIe® M.2 NVME™ yang performa baca-tulisnya tidak perlu diragukan lagi. Tidak perlu menunggu lama untuk load file kerjaan yang ukurannya besar. Benefitnya lagi, kini menyimpan dokumen pekerjaan dalam jumlah banyak terasa longgar tanpa khawatir kehabisan storage.

Semuanya itu didukung dengan kapasitas baterai 63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion yang menjanjikan aktivitas bekerja dan multimedia hingga 12 jam. Dipastikan tidak ada rasa khawatir kehabisan daya walaupun kelupaan membawa charger, karena dengan satu kali pengisian penuh, ExpertBook B7 Flip (B7402) mampu menemani aktivitas pekerjaan kita seharian.

Fleksibel dalam Mode Apapun, Bekerja dan hiburan dengan praktis.

Presentasi dengan fleksibel sesuai kebutuhan. Juga meningkatkan kepercayaan diri dan metode penyampaian informasi yang efisien.

ExpertBook B7 Flip (B7402) memberikan kebebasan penuh kepada penggunanya untuk beradaptasi dengan mode pengoperasian yang diinginkan. Didukung engsel yang dapat berotasi hingga 360°, pengguna ExpertBook B7 Flip (B7402) bisa memilih mode clamshell tradisional untuk kegiatan mengetik dan pengoperasian normal. Atau bisa pakai Mode Tablet, cocok untuk skenario penggunaan multimedia yang memberikan tampilan visual yang menakjubkan. Ada juga Mode Presentasi (tent mode) dimana pengguna bisa melipat ExpertBook B7 Flip (B7402) agar lebih mudah dalam berkolaborasi, berbagi konten dengan mudah, dan kegiatan presentasi yang efektif.

Untuk panel layarnya sendiri, ExpertBook B7 Flip (B7402) dibekali panel layar sentuh sebesar 14 inch yang cukup luas karena memiliki ratio layar 16:10. Menawarkan sudut pandang yang lebih luas ketimbang rasio layar 16:9 yang terdapat di Laptop pada umumnya. Kualitas panelnya sendiri beresolusi WUXGA, (1920×1200) menawarkan kualitas layar yang jernih, vivid dan dilengkapi Teknologi Anti-Glare untuk kenyamanan mata dalam memandang tanpa cahaya silau.

ExpertBook B7 Flip (B7402) sendiri sangat cocok untuk dibawa beraktivitas diluar rumah karena panel layarnya memiliki kecerahan hingga 500nits, jauh lebih tinggi bahkan dari seri ZenBook sekalipun. Kualitas warnanya tidak perlu diragukan lagi, karena sudah memiliki tingkat akurasi warna sRGB: 100% yang tentunya sangat ideal untuk produksi kreasi konten.

Laptop Powerful dengan Teknologi Masa Depan

Dilengkapi serangkaian teknologi terbaru dari ASUS.

ExpertBook B7 Flip (B7402) sangat cocok dikatakan sebagai Laptop untuk menyongsong masa depan, karena dibekali port I/O yang sangat futuristik. Dibekali teknologi Thunderbolt™ 4 pada kedua port USBnya, menawarkan performa transfer data yang luar biasa cepat, mendukung Teknologi Power Delivery untuk pengisian daya, dan juga support konektivitas ke layar kedua beresolusi tinggi.

Tersedia juga satu buah mini Display Port, satu buah port HDMI 2.0b, satu buah port micro HDMI (RJ45 lan), satu port Combo Audio Jack, slot SIM card dimana nantinya kita dapat menikmati konektivitas 5G, dan Smart Card Reader untuk menyambungkan Micro SD.

Satu hal yang unik disini, ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki tombol Fingerprint yang sudah terintegrasi dengan tombol power. Ini semakin memudahkan pengguna untuk login ke Windows cukup dengan satu sentuhan. Nantinya sistem Windows akan mendeteksi fingerprint penggunanya bersamaan dengan nyalanya sistem. Sungguh praktis bukan?

Performa Tangguh, Bodi Ga Kalah Tangguh.

Para profesional tidak perlu khawatir membawa ExpertBook B7 Flip ke medan yang ekstrim karena sudah disertifikasi ketahanan militer US.

ExpertBook B7 Flip (B7402) dirancang dengan presisi dengan material kokoh nan berkualitas untuk memastikan ketahanannya. Karena ketahanan sudah seperti ciri khas dari seri ExpertBook. Dengan kombinasi magnesium-aluminum alloy bahkan sampai ke rangka bagian dalamnya untuk memastikan kekuatan casing dari ExpertBook B7 Flip (B7402) ini.

Bahan metal ini sendiri bermanfaat mengurangi efek interferensi internal yang dapat mempengaruhi kekuatan sinyal 5G, dan membantu mengokohkan area sekitar palm-rest demi kenyamanan pengguna.

ExpertBook B7 Flip (B7402) sendiri telah mengantongi sertifikat ketahanan militer MIL-STD 810H US Military Standards untuk memastikan ketahanan laptop ini tidak diragukan lagi. Melalui serangkaian tes ketangguhan yang sangat ekstrim, memastikan ExpertBook B7 Flip dapat beroperasi dengan normal di situasi yang ekstrim sekalipun tanpa menemui kendala yang berarti.

Dengan adanya standar militer ini, keyboard dari ExpertBook B7 Flip sudah tahan dari cipratan air. Sebuah skenario yang paling sering terjadi pada kita. Jika itu terjadi di laptop lain, mungkin papan ketiknya sudah mengalami error dan malfungsi. Tetapi ExpertBook B7 Flip menjamin ketahanan anti-airnya.

Serangkaian Fitur Bisnis Memperlancar Produktivitas

Lancarkan bisnismu dengan fitur premium pendukung aktivitas dari ASUS.

Untuk menyempurnakan pengalaman pengguna saat menggunakan ExpertBook B7 Flip, ASUS menyematkan banyak sekali fitur yang mempermudah pekerjaan. Dimulai dari fitur ASUS Private View, ASUS Private View, ASUS ExpertWidget, ASUS NumberPad.

ExpertBook B7 Flip juga dilengkapi dengan sensor fingerprint yang sudah menyatu dengan tombol power untuk mempermudah proses login anti-ribet. ASUS ExpertWidget memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengatur sendiri jalur pintas untuk mengakses sebuah fitur dengan lebih mudah.

Dari segi keamanan juga ExpertBook B7 Flip tidak kalah aman. Dengan bantuan firmware TPM 2.0 memastikan data pengguna dan bisnis tetap aman dan tidak mudah dicuri walau perangkat hilang sekalipun.

Terdapat pula kamera IR Webcam berteknologi infra-merah untuk kemudahan login melalui Windows Hello hanya menggunakan wajah. Kecepatan recognitionnya pun terbilang cukup singkat, sehingga pengguna ExpertBook B7 Flip tidak perlu menunggu lama untuk login. Semakin terasa aman karena terdapat pula Kensington Nano Lock untuk mengamankan ExpertBook B7 Flip dicuri dari tempat yang sepi.

ExpertBook B7 Flip (B7402) adalah tools produktivitas yang sempurna.

Kesimpulannya, ExpertBook B7 Flip (B7402) adalah tipe Laptop all-rounder yang punya performa tinggi didalam bodi yang tipis. Disertai banyak fitur premium yang membuatnya semakin spesial. Didesain dengan presisi, durability yang menakjubkan, fleksibilitas yang memudahkan selera pengguna, hingga fitur keamanan lainnya yang benar-benar menjamin keamanan data penggunanya.

Dengan segala kelebihan, performa yang ditawarkan, dan sederet fitur premiumnya, ExpertBook B7 Flip (B7402) mampu membantu siapa saja menemukan versi terbaik dari dirinya. Dengan tools se-powerful ini, siapa saja berkesempatan untuk meningkatkan kualitas dirinya menjadi lebih baik lagi. Apapun kesibukannya, apapun hobinya, ExpertBook B7 Flip mampu meningkatkan skill seseorang yang tadinya newbie menjadi expert. Hingga akhirnya nanti mampu berkontribusi dalam kemajuan Indonesia.

Jika kita sudah berhasil meningkatkan kualitas diri sekarang ini, dengan didukung dengan ExpertBook B7 Flip (B7402), realisasi Bonus Demografi Indonesia di Tahun 2030 tentunya menjadi mimpi yang realistis untuk diwujudkan. Semoga kita berhasil mencapai Puncak Olympus. Amin.

Tabel Spesifikasi ExpertBook B7 Flip (B7402)

Main Spec.ExpertBook B7 Flip (B7402)
CPUi7-1195G7 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz, 4 cores)
Operating SystemWindows 10 Pro for business Free Upgrade to Windows 11¹
Memory16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:64GB
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
DisplayTouch screen, 14.0-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, Integrated privacy screen, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 500nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:81 %
GraphicsIntel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)
Input/Output2x USB 3.2 Gen 2 Type-A 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery 1x mini Display Port 1x HDMI 2.0b 1x micro HDMI (RJ45 lan) 1x 3.5mm Combo Audio Jack SIM card slot Smart card reader
Camera720p HD camera with IR function to support Windows Hello With privacy shutter
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
AudioAudio by DTS Smart Amp Technology Built-in speaker Built-in array microphone harman/kardon (Premium) with Cortana support
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm (12.60″ x 9.22″ x 0.71″ ~ 0.74″)
Weight1.44 kg (3.17 lbs)
ColorsBlack
PriceStarts from Rp33.164.000
Warranty2 tahun garansi global

Referensi

  1. Expertbook B7 Flip (B7402F, 11th Gen Intel) bisa diakses disini
  2. ASUS mengeluarkan Laptop bisnis pertama dengan Konektivitas 4G dan 5G di Indonesia, bisa diakses disini
  3. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) & B7 Flip (B7402) Blog Writing Competition bisa diakses disini

Terima kasih telah membaca.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Blog Writing Competition bersama Handikoo.com

Tulisan ini worth untuk dibaca orang lain? Rekomendasikan yuk.
Default image
Pieter Mardi

Penulis, Mahasiswa, Tech Anthusiast, Graphic Designer. Semua tulisan dibuat dengan passion saya di bidang teknologi dan bahasa Inggris. Untuk sapa-sapa hubungi kontak@hypeter.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Mohon maaf. Konten ini diproteksi!