Praktis & Canggihnya Laptop 2-in-1 ASUS VivoBook 13 Slate OLED : “Serasa Punya TV OLED Pribadi!”

Saya sangat suka segala hal seputar Teknologi. Saya suka mengulas produk-produk yang bagi saya akan membawa manfaat banyak untuk penggunanya. dan uniknya hampir 80% pos yang saya tulis di blog HYPETER.COM bertemakan ulasan Laptop, smartphone, dan hal lain yang ga jauh-jauh dari Tech.

Dan brand Laptop yang paling sering saya ulas, adalah produk-produk dari ASUS. Dari sederet Laptop ASUS yang pernah saya ulas, kini saya berkesempatan untuk mengulas Laptop yang akan mereka rilis laptop bulan ini. Laptop ini agak berbeda dan tentunya spesial. Dia adalah ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300).

Mengapa laptop ini saya katakan spesial? Spoiler, ini adalah laptop detachable pertama dari ASUS yang dilengkapi teknologi panel ASUS OLED. Panelnya sudah bersertifikasi PANTONE® Validated, yang artinya cocok banget untuk pembuatan kreasi konten masa kini, dan hebatnya lagi Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11.

Sistem operasi ini sendiri menawarkan tampilan UI yang jauh lebih menawan dari Windows 10. Menawarkan peningkatan performa yang lebih baik, dan tentunya dukungan penuh dari Microsoft untuk jangka panjang. Baik itu pembaruan software, maupun pembaruan keamanan berkala dari virus berbahaya.

Dukungan Windows 11 dan Office terbaru dari Microsoft. Sumber gambar asus.com

Salah satu fitur andalan yang ada di Windows 11 adalah Widgets. Lewat fitur ini kita bisa menemukan foto favorit, berita terbaru, daftar tugas hari ini dan cuaca esok dengan sangat mudah. Widgets membantu kita menemukan konten yang penting sebagai asupan digital harian, demi hidup yang sedikit lebih teratur. Widgets juga menunjukkan jadwal meeting kita yang akan datang. Kita bisa juga dapetin pengingat daftar tugas dan jadwal kalender, serta memberikan pembaruan cuaca lokal secara langsung dan tentunya akurat.

Fitur Widget hanya terdapat di sistem operasi Windows 11. Cobain dan sesuaikan sekarang untuk mendapatkan pembaruan terkini seputar berita, kehidupan sosial, dan artikel penting bagi keseharian kita, serta pengingat dari kalender dan daftar tugas yang tentunya ga mau kita lewatkan.

Keunggulan Utama ASUS VivoBook Slate OLED 13 (T3300).

Selain dilengkapi Sistem Operasi Windows 11 yang terbaru, tentunya keunggulan dari Laptop ini tidak berhenti sampai di situ saja. Kita bisa mulai dari fitur detachable nya yang memberi fleksibilitas pengoperasian penuh kepada penggunanya. Lalu ada teknologi panel ASUS OLED yang dikenal jernih dan sudah tersertifikasi akan akurasi warnanya. Dan kita akan bahas fitur lain yang ga kalah menakjubkan dari Laptop yang akan resmi di rilis di tanggal 30 Juni bulan ini.

Sudah penasaran kan? Mari kita simak bersama.

  1. Laptop Windows detachable dengan teknologi OLED PERTAMA DI DUNIA! Kini akan hadir juga di Indonesia.
  2. ASUS OLED PANTONE Validated, 100% DCI-P3 Cinema Grade, VESA DisplayHDR True Black 500 certified, dan Teknologi Dolby Vision.
  3. Berkarya lebih fleksibel dengan ASUS Pen 2.0
  4. Performa Intel Quad-Core yang kencang namun tetap efisien.
  5. Super Praktis dan Stylish. Keyboard Detachable, Dual Camera, dan lainnya!
ASUS VivoBook Slate 13 OLED resmi dirilis di Indonesia. Sumber gambar asus.com

Pertama di DUNIA! Kini VivoBook Slate 13 OLED siap memanjakan ASUS Fan di Indonesia.

Sebelum peluncuran resminya di tanggal 30 Juni nanti, kehadirannya sudah banyak diantisipasi oleh para Tech Enthusiast di Indonesia. Ini tak lepas dari jargon ASUS In Search of Incredible, yang terkenal selalu inovatif dan konsisten dalam membawa sederet teknologi terbaru yang luar biasa ke pasar Laptop di Indonesia.

ASUS merupakan satu-satunya produsen laptop di Indonesia yang konsisten menghadirkan laptop dengan beragam form factor, mulai dari laptop clamshell tradisional, convertible, hingga detachable. Vivobook 13 Slate OLED akan hadir untuk melengkapi portofolio ASUS sebagai brand laptop nomor satu di Indonesia sekaligus brand laptop OLED nomor satu di dunia.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia

Panel ASUS OLED Yang Memukau

Teknologi yang menjadi andalan utama dari Vivobook 13 Slate OLED ini terletak di teknologi panel layar ASUS OLED-nya. Ini adalah teknologi panel yang jauh lebih bagus dari panel IPS biasa, mampu menawarkan kualitas warna dan tampilan visual yang memukau. Panel ASUS OLED ini juga mampu menawarkan kecerahan yang sangat baik, hingga 550 nits, memastikan penggunaan outdoor yang sangat nyaman walau dibawah terik matahari. Beragam pekerjaan lapangan tentunya sangat terbantu dengan kecerahan layar maksimum dari Vivobook 13 Slate OLED ini.

Semakin terlihat sempurna karena panel ASUS OLED yang berlayar sentuh ini, dilindungi proteksi kaca super kuat dari Corning® Gorilla® Glass. Hadir juga sertifikasi anti sinar biru dari TÜV Rheinland, yang memastikan penggunanya terbebas dari pancaran emisi cahaya biru yang berlebih. Teknologi ini memastikan penggunaan Vivobook 13 Slate OLED dalam waktu lama tidak akan berdampak pada penurunan kualitas visual dan tentunya kesehatan penglihatan kita.

Dibawah ini saya rangkum kelebihan utama yang amat dibanggakan dari panel ASUS OLED yang disematkan di Vivobook 13 Slate OLED kali ini.

Spesifikasi Panel ASUS OLEDBesaran
Kualitas Layar13.3″ OLED dengan aspek rasio 16:9, kualitas FHD 1,920 x 1,080 pixels, dengan 0.2 ms response time.
Akurasi Warna100% DCI-P3 = 133% Adobe sRGB color accuracy.
ProteksiCorning® Gorilla® Glass dan TÜV Rheinland certification for low blue-light.
SertifikasiPANTONE® Validated, VESA DisplayHDR 500 True Black certified.
Kecerahan Maksimal Layar550 nits

Untuk kebutuhan konten kreasi, panel ASUS OLED ini sangat direkomendasikan untuk digunakan karena layarnya sudah disertifikasi oleh PANTONE®. Artinya, tingkat akurasi warna yang dihasilkan oleh panel ASUS OLED ini sudah sesuai dengan standar pewarnaan internasional saat ini. Tak sampai disitu, panel ASUS OLED ini juga memiliki akurasi warna gamut DCI-P3 hingga 100%, yang umumnya sering dijumpai dalam standar pembuatan film cinema berkelas internasional.

Vivobook 13 Slate OLED sangat cocok untuk pembuatan konten yang memerlukan akurasi warna yang tepat. Kita diberi kebebasan berkreasi dengan 1.07 milliar warna untuk memproduksi konten-konten yang menakjubkan. Tidak perlu khawatir lagi akan tampilan warna yang berbeda di device lain berkat akurasi warna yang sudah disertifikasi ini.

Dengan kualitas visual yang ditawarkannya, memiliki Vivobook 13 Slate OLED serasa memiliki TV OLED pribadi yang sangat bisa diandalkan dalam urusan hiburan multimedia. Untuk melengkapi pengalaman hiburan yang tak tertandingi, disematkan juga fitur Dolby Vision dan HDR Enhanced Realism yang menawarkan setiap detail karakter dan suasana terasa begitu nyata memanjakan mata kita.

Belum lagi untuk mendukung kegiatan multimedia, Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi sistem audio Quad-Speaker dengan kualitas yang menakjubkan. Didukung pula oleh teknologi Smart Amplifier dan juga Dolby Atmos, memberikan detail suara yang kaya dalam beberapa skenario, seperti mendengar musik, menonton film, dan kegiatan multimedia lainnya. Semuanya disajikan dengan kualitas audio yang tentunya semakin mendekati kesempurnaan.

ASUS Pen 2.0 yang Praktis dan Responsif

Tidak lengkap rasanya jika memiliki tablet layar sentuh tanpa kehadiran stylus pen yang responsif. Vivobook 13 Slate OLED disertai ASUS Pen 2.0 dalam paket pembeliannya, dan ini bukan sekedar stylus pen biasa. Ini adalah stylus yang beneran smart dengan sederet keunggulannya, termasuk responsivitasnya yang sangat bisa dihandalkan dalam penggunaannya sehari-hari.

ASUS Pen 2.0 sangat sensitif terhadap tekanan, karena memiliki 4096 pressure levels dan 266Hz touch sampling rate yang membuat setiap aksi yang kita lakukan akan memberikan respon yang berbeda pula. Memiliki empat buah pen tips yang bisa diganti sesuai kebutuhan. Ada 2H, H, HB, B yang praktis digunakan kapan saja.

Terdapat juga fitur USB-C untuk pengisian dayanya, yang juga didukung ketahanan baterai yang tahan lama. Dengan sekali charge, ASUS Pen 2.0 siap menemani kita menggambar dan berkreasi hingga 140 jam lamanya. ASUS Pen 2.0 ini juga sangat mudah untuk disambungkan melalui Bluetooth. Cukup menekan tombol bagian atas dengan durasi agak lama, perangkat akan otomatis tersambungkan. Untuk melengkapi pengalaman pemakaian, tersedia juga tombol khusus untuk klik kanan, tombol untuk menghapus objek, dan tombol function sesuai kebutuhan.

Perfomanya yang tidak boleh diremehkan

Siapa yang menduga didalam wujud sebuah tablet detachable, terdapat juga performa yang sama sekali ga boleh dipandang sebelah mata. Dengan menggunakan prosesor empat core dari Intel® Pentium® Silver N6000, yang punya base clock di 1.1GHz dan mampu mencapai kecepatan turbonya di 3.30 GHz. Memori cachenya juga sudah termasuk besar yakni 4M, sudah sangat cukup untuk memberikan performa komputasi sehari-hari yang melampaui batas harapan.

Vivobook 13 Slate OLED juga bisa diajak multitasking, karena sudah memiliki Memori RAM hingga 8GB berform factor LPDDR4X yang dikenal dengan performanya yang efisien secara penggunaan daya. Berkreasi dengan aplikasi desain sambil mendengarkan Spotify di latar belakang tentunya akan berjalan mulus dengan VivoBook 13 OLED ini.

Untuk storagenya sendiri, Laptop ini menggunakan penyimpanan SSD berkecepatan tinggi hingga 256 GB bertipe PCIe® Gen 3.0 x4 berteknologi terbaru saat ini. Sudah dipastikan booting Windows 11 akan terasa cepat, performa buka-tutup aplikasi juga terasa smooth, hingga performa secara keseluruhan juga terasa sangat responsif.

Untuk ukuran sebuah laptop detachable dan juga tablet, performa yang ditawarkan oleh Vivobook 13 Slate OLED ini sudah terbilang cukup bagus. Dengan desain fanless alias menggunakan sistem pendinginan pasif, tablet ini tentunya kurang cocok untuk mengatasi tugas-tugas berat. Sebaliknya, untuk urusan multimedia dan berkarya dengan tablet ini, akan memberikan performa yang baik di kelasnya.

Dengan dibekali sistem operasi Windows 11 yang sudah kita bahas diawal, pastinya membuat semua aktivitas terasa smooth dan lancar dalam penggunaannya. Laptop ini tentunya akan terus mendapat pembaruan update terkini dari Microsoft, sehingga performanya bisa terus meningkat dan juga keamanan perangkat yang semakin terjaga seiring waktu. Sebenarnya ini berlaku juga untuk device yang memiliki Windows didalamnya. Jangan lupa update perangkatmu secara berkala, ya.

Semua mata tertuju pada Vivobook 13 Slate OLED ini.

ASUS benar benar melakukan hal yang luar biasa dalam mendesain Vivobook 13 Slate OLED ini, sehingga terlihat seperti laptop premium yang layak dihargai puluhan juta rupiah. Didesain seperti laptop detachable yang juga punya keyboard yang dapat dilepas, dan disertai cover stand dalam paket penjualan yang memiliki engsel 170°. Menjadikannya sebagai Laptop 2-in-1 multifungsi yang dapat digunakan sebagai laptop untuk bekerja sekaligus tablet untuk hiburan. Dua kegunaan dalam satu wujud Laptop. Benar-benar menawarkan kemudahan bagi penggunanya.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED memberikan beragam kenyamanan dalam berbagai skenario.

Dengan serangkaian fitur premium yang didesain oleh ASUS, disematkan kedalam ASUS Vivobook 13 Slate OLED untuk memastikan pengalaman penggunanya semakin optimal. Dirancang dengan presisi dan juga melalui riset yang mendalam terhadap pola perilaku user, untuk menyajikan kepuasan maksimal bagi setiap penggunanya. Tablet ini menawarkan banyak sekali kenyamanan kepada penggunanya, seperti.

Kenyamanan dalam mengetik

Untuk mengoptimalkan kenyamanan dalam mengetik, Vivobook 13 Slate OLED dibekali papan keyboard yang dirancang memiliki spasi seperti layaknya keyboard desktop, dan key-travel 1.4mm yang panjang. Dirancang untuk memberikan responsivitas penuh dan akurasi bagi penggunanya dalam mengetik. Boleh dibilang feel ngetiknya rada mirip dengan sensasi mengetik di seri ZenBook. Touchpadnya juga cukup luas dengan dimensi 128x64mm yang dipastikan cukup nyaman dan terasa luas ketika sedang digunakan.

Kenyamanan dalam hal konektivitas

Menjelajah Internet dengan Vivobook 13 Slate OLED tidak pernah terasa semudah ini. Karena dilengkapi teknologi WiFi 6 (802.11ax) yang semakin dioptimalkan dengan software besutan ASUS bernama ASUS WiFi Master Technology, demi menyajikan koneksi internet yang lebih stabil dan nyaman digunakan dalam berbagai skenario.

Fakta unik, dengan teknologi WiFi 6 ini diyakini mampu menyediakan performa konektivitas tiga kali lebih cepat dari WiFi 5, dan mampu mengurangi latensi hingga 75% lebih rendah. Ini bakal berguna dalam setiap kegiatan teleconferencing, yang akan meminimalisir latensi dalam setiap obrolannya. Nongkrong bareng temen di Zoom pun bakal kerasa seru layaknya kumpul bareng.

Menonton film streaming akan terasa sangat nyaman karena pengguna bisa menikmati sederet film dan konten hiburan dengan kualitas terbaik, tanpa rasa khawatir mengalami buffering yang cukup mengganggu. Kombinasi WiFi 6 yang menawarkan konektivitas lancar, dengan panel layar ASUS OLED adalah duo sweet spot yang bakal menjadi favorit para movieholic dan drakorlovers.

Boleh dibilang sebagai kombo maut juga sih. Ga ada lawan, emang.

Untuk konektivitas portnya sendiri, Vivobook 13 Slate OLED memiliki dua buah port USB-C yang memiliki kecepatan tinggi dalam perihal transfer data, serta satu buah microSD slot untuk ekstra penyimpanan tambahan. Tentunya ini akan memudahkan para konten kreator untuk mengimpor footage video dengan praktis.

Kenyamanan dalam Berkomunikasi

Mungkin Laptop yang punya satu kamera webcam sudah terlalu biasa ya. Bahkan ada Laptop yang ga punya webcam sama sekali. Hiks 🙁

Bagaimana dengan Vivobook 13 Slate OLED?

Kabar gembira untuk kita semua. Laptop ini punya dua kamera sekaligus!

Ya, benar. Ada dua kamera yang disematkan di Laptop ini. Satunya berkualitas 5MP yang terletak didepan, dan 13MP yang terletak di belakang. Teknologi dual kamera ini membuat pengalaman panggilan video dan chat terasa lebih seru dan mengasyikkan. Tak lupa pula ada teknologi dari ASUS bertajuk AI noise-canceling yang menyajikan kualitas suara jernih tanpa adanya noise yang mengganggu.

Fitur The ClearVoice Mic juga mengeliminasi noise agar tidak terdeteksi oleh mic, sementara fitur The ClearVoice Speaker membuat kita dapat mendengar suara presenter dan semua orang yang sedang berbicara dengan jernih, lagi-lagi tanpa adanya noise yang berlebih.

Fitur webcam dan juga noise-cancelling di masa-masa seperti ini emang terasa penting banget kehadirannya. Dan ASUS menjawab kebutuhan itu dengan sempurna karena kombinasi dua teknologi tersebut bisa dinikmati di Laptop Vivobook 13 Slate OLED ini.

Kenyamanan dalam beraktivitas dimana saja.

ASUS memastikan keseruan bekerja dan hiburan kita tidak akan terganggu dengan kekhawatiran akan daya lemah, karena didalam Vivobook 13 Slate OLED ini sudah ditanamkan baterai Li-Po berkapasitas 50Wh yang menjanjikan pengalaman beraktivitas dan seru-seruan hingga 9.5 jam lamanya. Pengisian dayanya juga cukup praktis berkat fitur USB-C Easy Charge, karena disertai dengan Port Type-C yang juga mendukung fitur 65W fast-charging.

Desain Vivobook 13 Slate OLED yang praktis mendukung aktivitas dimana saja. Sumber gambar asus.com

Dengan teknologi ini, Vivobook 13 Slate OLED bisa diisi hingga 60% banyaknya cukup hanya 39 menit saja. Bahkan kita bisa mengisi ulang baterai Laptop ini melalui powerbank yang kita miliki. Layaknya sumber pasokan daya terakhir disaat kita lupa membawa charger. Bener-bener teknologi yang sangat praktis dan memudahkan kita, apalagi mereka para kaum pelupa. #LupaBawaCharger #TeamMagerBawaCharger

Gimana kalo kita lupa bawa charger dan powerbank di saat yang bersamaan? Masih tetap bisa ada solusinya, yakni menggunakan kepala charger ponsel kita yang harus kita pastikan dulu memiliki output 65W. Vivobook 13 Slate OLED ini bisa di charge pake charger smartphone kekinian loh. Mantep banget, bukan?

Dimensi Vivobook 13 Slate OLED juga dirancang begitu ringan dan tipis. Dengan berat yang hanya 785g dan ketebalan sekitar 7.9mm, Laptop tablet ini benar-benar praktis untuk dibawa kemana-mana. Tidak ngeberat-beratin tas, muat ketika dimasukkan kedalam tas berukuran apa saja. Ini adalah laptop impian para individual yang mendambakan device multi-fungsi yang ringan dan praktis untuk dibawa-bawa.

Apalagi dengan kepraktisannya yang bisa ‘mengubah diri’ dari Laptop menjadi tablet, benar-benar menjanjikan kepraktisan pengoperasian dimana saja sesuai kebutuhan. Bisa jadi tablet, bisa jadi Laptop, dengan tingkat performa yang sama dan membawa kualitas hiburan yang juga sama.

Dengan sederet kemudahan lewat fitur ketahanan baterai, pengisian daya dan dimensinya, ASUS Vivobook 13 Slate OLED benar-benar mendukung gaya nomaden masa kini yang menuntut untuk aktif dimana saja. Bekerja, bermain, dan berkreasi tidak pernah terasa sepraktis ini sebelumnya.

Impresi saya = WOW dan WAH.

Seperti tagline yang disematkan pada ASUS Vivobook 13 Slate OLED ini, yakni #WOWTHEWORLD, saya rasa cukup brilian mengatakan laptop ini adalah tablet sempurna secara hiburan sekaligus berperforma tinggi. Tidak akan ada yang percaya dengan kualitas visual, audio dan komputasi yang ditawarkannya datang dari sebuah tablet yang beratnya cuman 785 gram saja. Cuma setengah kilo lebih dikit, euy!

Nah, segala sektor yang sudah saya bahas dari laptop ini benar-benar mengimpresi saya. Keunggulan utamanya yang berada di sektor panel layar OLED dengan segala sertifikasi dan tingkat akurasi warnanya, membuat laptop ini sangat ideal untuk dijadikan sarana hiburan multimedia sehari-hari dan juga sebagai alat menyalurkan kreativitasmu yang terpendam.

Sarana hiburan berkualitas tinggi selalu hadir dengan Vivobook 13 Slate OLED. Sumber gambar asus.com

Rasanya seperti memiliki TV OLED pribadi yang siap menemani kita dikala senggang, menyajikan kualitas visual yang memukau lewat kombinasi kemampuan pemrosesan visual dan juga audionya. Sudah support Dolby Vision dan Dolby Atmos pula. Kualitas visual yang kinclong dan sensasi audio yang bikin merinding. Rasanya seperti mengantongi seisi bioskop, lengkap dengan layar theater dan tak lupa hingga sound-systemnya yang menggelegar. Semuanya tersedia didalam telapak tangan.

Namun, salah satu hal yang seandainya bisa ditingkatkan lagi adalah sektor performanya. Tapi itu sepenuhnya bisa dimaklumi, karena sedari awal ASUS Vivobook 13 Slate OLED tidak berfokus pada performa multitasking ataupun penggunaan berat. Sesuai taglinenya, Vivobook 13 Slate OLED ini akan lebih maksimal kegunaannya apabila digunakan untuk urusan multimedia dan konten kreasi ringan hingga sedang.

Vivobook 13 Slate OLED cocok untuk penggunaan game kasual dan editing ringan. Sumber gambar asus.com.

Kabar baiknya, ASUS Vivobook 13 Slate OLED akan rilis di tanggal 30 Juni bulan ini. Saya sangat antusias menanti Laptop ini tersedia dan mulai dipajang di mal elektronik di kota saya. Saya sudah tidak sabar untuk mencoba langsung sensasi dari kenikmatan visualnya, dan bahkan berharap suatu saat nanti saya berkesempatan untuk memiliki Vivobook 13 Slate OLED ini. Ketika hari dimana impian itu terwujud, saya tidak akan khawatir lagi dengan bagaimana saya akan memperoleh hiburan dengan kualitas maksimal. Vivobook 13 Slate OLED adalah tablet hiburan yang sangat sempurna bagi saya.

Jadi, apakah kamu kepingin juga memiliki ASUS Vivobook 13 Slate OLED ini?

Tabel Spesifikasi

Main Spec.Vivobook 13 Slate OLED (T3300)
CPUIntel® Pentium® Silver N6000 1.1 GHz (4M Cache, up to 3.3 GHz, 4 cores)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory8GB LPDDR4X
Storage256GB PCIe® Gen3 SSD
Display13.3”, FHD (1920×1080) 16:9, OLED, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker, Dolby Vision
GraphicsIntel® UHD Graphics
Input/Output1x 3.5mm Combo Audio Jack, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display + power delivery, Micro SD card reader
Camera5MP (front)
13MP (rear)
ConnectivityWiFi 6(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
AudioSmart Amp Technology, Dolby Atmos, Built-in 4-way stereo speakers, Built-in array microphone
Battery50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension30.99 x 19.00 x 0.79 ~ 0.79 cm
Weight0.78 Kg (without keyboard and cover stand)
ColorsBlack
PriceRp9.099.000
Warranty2 tahun garansi global

Terima kasih telah membaca artikel saya. Sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Referensi

  1. ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Blog Writing Competition bersama Maseko, bisa diakses disini
  2. Referensi Vivobook 13 Slate OLED (Gambar + Artikel) bisa diakses disini
  3. Intel® Pentium® Silver N6000 Processor bisa diakses disini
  4. Vivobook 13 Slate OLED (T3300)|Laptops For Home|ASUS Global bisa diakses disini
  5. Warna Pantone: Definisi dan Berbagai Jenisnya – Glints Blog bisa diakses disini

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS VivoBook 13 Slate OLED (T3300) Blog Writing Competition bersama masekorner.com

Tulisan ini worth untuk dibaca orang lain? Rekomendasikan yuk.
Default image
Pieter Mardi

Penulis, Mahasiswa, Tech Anthusiast, Graphic Designer. Semua tulisan dibuat dengan passion saya di bidang teknologi dan bahasa Inggris. Untuk sapa-sapa hubungi kontak@hypeter.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Mohon maaf. Konten ini diproteksi!